Buku (kitab) Serat Wirid Hidayat Jati
adalah buku yang ditulis oleh Raden Mas Ngabehi. Ronggo Warsito (Kiyahi Ageng
Burhan). Penulis tidak mendapatkan buku aslinya, namun penulis mendapat
warisan buku tulisan tangan dari Almarhum Kakek. Menurut penuturan
beliau, beliau sendirilah yang menyalin tulisan tersebut dari buku
aslinya yang tertulis dalam aksara Jawa ke dalam tulisan beraksara
Latin.
Pada pembukaan (Kata Pengantar) buku tersebut,
tertulis nama Raja Solo, Pangeran R. Soewono Sosro Mangkoe Negoro
Sambernyowo (Gerak III). Jadi mungkin Ronggo Warsito menulis buku
tersebut atas perintah Ingkang Sinuhun atau menulis buku tersebut untuk
dipersembahkan kepada Beliau.
Berikut adalah kata pengantar dalam buku tersebut :
"Bahosi Kawungan :
Sintento ingkang kerso maos serat puniko, menawi dereng tampi wedaran
saking Murtito Mawaskito Tunggal, ing panyuwun kulo mugi kersoho nahan
adrenging kerso kanti sumeleh ing penggalih. Sampun ngantos kawahos.
Inggih namung bongso wirid, nanging dateng poro ingkang dereng angsal
katerangan saking 'guru' tamtu lajeng kathah gesehipun. Akaryo dateng
ing paduko, awit lajeng ing batos wonten panacat. Ingkang nyacat rugi,
ingkang kacacat rugi tamtu.
Kulo ingkang gadah serat puniko : Pangeran R. Soewono Sosro Mangkoe
Negoro Sambernyowo (Gerak III)."
Terjemahannya :
"Menjadi Perhatian,
:
Barang siapa mau membaca buku ini, jika belum mendapat keterangan dari
Murtito Mawaskito Tunggal ( guru, cerdik pandai, ulama' ), maka permintaan saya
kiranya sudilah menahan kehendak tersebut dengan sabar. Jangan sampai
membaca (buku ini). Walaupun hanya bangsa wirid, tetapi bagi pihak yang
belum mendapat keterangan dari 'guru' tentu akan banyak salah pahamnya.
Yang kemudian akan membawa pada kemarahan. Sebab dalam hati akan mecela.
Yang mencela akan rugi, yang dicela juga rugi tentunya.
Saya yang empunya buku ini : Pangeran Raden Soewono Sosro Mangkoe Negoro
Sambernyowo III."
SERAT WIRID HIDAYAT JATI
Berukit beberapa cuplikan dalam buku tersebut yang penulis anggap bisa mewakili sebagian besar isi buku tersebut :
"Puniko
babarang wirid ingkang mawi murat soho mangsud pisan,ngiras minongko
bebukaning hikayat ingkang dados bebukaning pitedah dunungipun ngelmu
makripat. Sedoyo wiyosipun kantuk saking dalil, hadis, ijma' ,
lakiyat (Mungkin maksudnya : Kiyas). Dalil nedahaken pangandikanipun
Allah, Hadis nedahaken piwulangipun Rasulullah, Ijma' ngempalaken
wejanganipun poro wali, Kiyas mencaraken wewarahipun poro pandito".
Terjemahan :
"Ini
adalah pelajaran (ilmu) wirid yang menjadi bekal serta sekalian
maksudnya, sebagai pembuka Hikayat, yang menjadi pembuka petunjuk untuk
memahami ilmu makrifat. Semua keterangan berasal dari dalil, hadist,
ijma dan qiyas.
Dalil maksudnya penjelasan tentang firman Allah. Hadis berisi tentang ajaran /
keteladanan Rasulullah. Ij'ma adalah kumpulan wejangan para wali. Qiyas
adalah penyebaran ajaran para pandhita / ulama. "
Dalil (Wejangan) Sapisan : Ananing Dat
"Sajatine ora ana apa-apa awit duk maksih awang-uwung
durung ana sawiji-wiji, kang ana dhingin iku Ingsun, Ora ono Pangeran
ananging Ingsun. Sajatine Dat Kang Maha Suci anglimputi ing sipat-
Ingsun, amrandani ing asma lan apngal (af'al) Ingsun."
Dalil / Pelajaran ke-1 : Adanya Dzat.
"Sesungguhnya
tidak ada apa pun ketika masih sunyi hampa belum ada sesuatu, yang awal
adanya adalah AKU, Tiada Tuhan kecuali Aku, sesungguhnya yang Maha Suci
meliputi sifat-KU, menyertai dan menandai perbuatan-KU)."
Dalam
wejangan diatas menekankan bahwa Sang AKU (Tuhan - Dzat Mutlak)
bersifat Qodim (Maha awal tanpa ada awalnya) serta menyatakan
kesucian-Nya yang meliputi segala sifat-Nya, nama -Nya dan juga menandai
(mewujud-nyata) dalam perbuatan-Nya.
Dalil (Wejangan) kapindo : Wahananing Dat
"Sajatine
Ingsun Dzat kang murba misesa nitahake sawiji-wiji, dadi podo sanalika,
sampurna saka kodrat Ingsun, ing kanyatan, pratandhane apngal Ingsun
minangka bebukaniro Dzat Ingsun, kang dhingin Ingsun anitahake Kayu
aran Sajaratul Yakin tumuwuh ing sajroning alam Adam-Makdum Ajali Abadi.
Nuli Cahya aran Nur Muhammad, nuli Kaca aran Mirhatul-Kayai, nuli Nyawa
aran Roh Ilampi, nuli Damar (lampu) aran Kandil, nuli Sesotya (berlian)
aran Da-rah, nuli Dhindhing Jalal aran Kijab. kang minangka wahananing
Dzat-Ingsun."
Dalil / Pelajaran ke-2 : Wahana Dzat.
"Sesungguhnya
AKU (Allah) adalah Dzat yang maha kuasa menciptakan segala sesuatu,
jadi seketika, sempurna berasal karena kuasa-KU (Allah), menjadi nyata
tanda perbuatan-KU, yang sebagai pembuka (akan pengenalan) Dzat-KU. Yang
pertama AKU menciptakan Kayu bernama Sajaratul Yakin tumbuh di dalam alam
Adam Makdum Ajalai Abadi (alam yang sejak jaman azali /dahulu dan kekal
adanya). Kemudian Cahya bernama Nur Muhammad (Cahaya Yang Terpuji),
berikutnya Cermin bernama Mir’atul Hayai, selanjutnya Nyawa bernama Roh
Idhofi, lalu Lentera / Lampu bernama Kandil, lalu Permata bernama
Da-rah, lalu dinding agung bernama Hijab yang merupakan wahana Dzat-KU
(Allah)."
Dalam wejangan kedua ini diterangkan
kemaha-kuasaan Sang AKU (Allah). Sekaligus diterangkan tingkat-tingkat
'pengungkapan / penyingkapan' Dzat-Nya supaya dikenali, melalui
af'al-Nya dalam penciptaan.
Pertama diciptakanNyalah Kayu Sajaratul Yakin yang hidup dalam alam
keabadian. Hakekatnya ini adalah bukan penciptaan dalam arti harfiah
namun lebih kepada pengungkapan Dzat-Nya untuk dikenali sebagai Sang
Hidup. Kayu atau Hayu adalah Hidup atau Urip. Yaitu sebagai Dzat Yang
Hidup Berdiri Sendiri. Sedang sifat-Nya belumlah bisa disifati dengan
segala macam (bahasa) sifat. Disinilah alam sonya-ruri, awang-uwung, tan
kinaya ngapa, laisa kamitslihi syai'un.
Kedua
diciptakan Cahaya yang diberi nama Nur Muhammad atau Cahaya Yang Terpuji. Menurut beberapa ahli, Nur Muhammad ini merupakan 'bibit'
(wiji) alam semesta. Nur Muhammad berarti Cahaya Yang Terpuji, yang
hakekatnya adalah Cahaya Keindahan-Nya sendiri.
Ketiga
Allah menciptakan Cermin bernama Miratulkhayai (Cermin Malu), dimana ada
sebagian ahli yang mengatakan bahwa setelah diciptakannya Cermin ini,
Nur Muhammad akhirnya mengenali dirinya.
Keempat diciptakan Nyawa yang diberi nama Roh Idhofi.
Kelima diciptakan Lentera yang diberi nama Kandil.
Keenam diciptakan Permata diberi nama Darah.
Ketujuh
diciptakan dinding agung yang disebut hijab. Hijab adalah pembatas.
Namun hakekatnya bukan pembatas tetapi 'penyambung' antara yang dihijab
dan Yang Menghijab.
Dalil (Wejangan) keping Telu : Kahananing Dat
"Sajatine
Ingsun kang nitahake Adam asal saka anasir patang prakara, bumi, geni,
angin, banyu. Iku dadi kawujudaning sipat Ingsun, ing kono Ingsun
panjang ngelmu daroh, limang prakoro : Nur, Roso, Roh, Napsu, lan Budi.
Iya iku minangka kawarnaning wajah Ingsun Kang Maha Suci."
Dalil / Pelajaran ke-3 : Keadaan Dzat
"Sesungguhnya AKU yang menciptakan Adam berasal dari empat perkara,
bumi, api, angin, air. Itu sebagai perwujudan sifat-KU, di sana AKU
tempatkan ilmu daroh lima perkara : nur, rahsa, roh, nafsu, budi. Itulah
sebagai gambaran-citra wajah-KU Yang Maha Suci".
Dalam
pelajaran ini diterangkan bahwa manusia (jasmaninya) diciptakan berasal
dari empat unsur alam semesta (bumi, angin /udara, api dan air.) yang
masing-masing unsur mempengaruhi (membawa bawaan) dorongan nafsu
manusia.
Setelah empat unsur alam terbentuk dalam tubuh
manusia, kemudian Allah menempatkan pula lima hal sebagai gambaran
wajah- Nya yaitu nur, rahsa, roh, nafsu dan budi.
Nur, merupakan
terangnya cahya, jika 'menyambung' kembali kepada Dzat Yang Maha Suci
dapat menerangi manusia dalam mengenal-Nya dan menjalankan peran sebagai
hamba dan wakil-Nya di bumi.
Rahsa, roso jati, adalah kesadaran 'ar-ruh min-Ruhi', kesadaran manusia yang hakiki, al-bashiroh manusia.
Roh, nyawa, sukma yang dalam jasad mempunyai tali petanda berupa nafas.
Nafsu, kekuatan nafsu menumbuhkan kekuatan kehendan, karep.
Budi, menumbuhkan daya pikir dan cipta .
Dalil (Wejangan) kaping Papat : Pambukaning Tata Malige (Mahligai)
Ayat Kapisan : Ing Dalem Betal Makmur:
"sajatine
Ingsun anata malige ana sajroning betalmakmur, iku omah sakjroning
kerameyan-Ingsun, jumeneng ana sirahing Adam. Kang ana sajroning sirah
iku utek, kang ana antaraning utek iku manik, sajroning manik iku budi,
sajroning budi iku napsu, sajroning napsu iku suksma, sajroning suksma
iku rahsa, sajroning rahsa iku Ingsun, ora ana Pangeran anging Ingsn,
dat kang nglimputi ing kaanan jati."
Dalil / Pelajaran keempat : Pembukaan Tahta Mahligai
Ayat Pertama :
"Sesungguhnya
AKU bertahta dalam baitulmakmur, itu rumah tempat pesta-KU, berdiri di
dalam kepala Adam. Yang pertama dalam kepala itu otak, yang ada di
antara otak itu manik di dalam manik itu budi, di dalam budi itu nafsu,
di dalam nafsu itu suksma, di dalam suksma itu rahsa, di dalam rahsa itu
AKU, tidak ada Tuhan selain hanya AKU, dzat yang meliputi keberadaan
yang sejati / sesungguhnya"
Ayat Kapindo : Pambuka tata malige ing dalem betalmukarram
"sajatine
Ingsun anata malige sajroning betalmukarram, iku omah enggoning
lala-rangan Ingsun, jumeneng ana ing dhadhaningg adam. Kang ana
sajroning dhadha iku ati, kang ana antaraning ati iku jantung, sajroning
jantung iku budi, sakjroning budi iku jinem , yaiku angen-angen,
sajroning angen-angen iku suksma, sajroning suksma iku rahsa, sajroning
rahsa iku Ingsun. Ora ana pangeran anging Ingsun dat kang anglimputi ing
kahanan jati"
Ayat kedua : Pembuka tahta dalam Baitul mukarram :
"Sesungguhnya
AKU bertahta dalam baitulmukarram, itu rumah tempat larangan-KU, berdiri
di dalam dada Adam. Yang ada di dalam dada itu hati, yang ada di antara
hati itu jantung, dalam jantung itu budi, dalam budi itu jinem, yaitu
angan-2, dalam angan- 2 itu suksma, dalam suksma itu rahsa, dalam rahsa
itu AKU. Tidak ada Tuhan kecuali hanya AKU dzat yang meliputi keberadaan
yang sejati / sesungguhnya."
Ayat Katelu : Pambuka Tata Malige Ing Dalem Betalmukadas
"sajatine Ingsun anata malige ana sajroning betalmukadas,
iku omah enggoning pasucenIngsun, jumeneng ana ing kontholing adam. Kang
ana sajroning
konthol iku prinsilan, kang ana ing antaraning pringsilan ikku nutpah,
yaiku mani, sa-jroning mani iku madi, sajroning madi iku wadi, sajroning
wadi
iku manikem, sajroning manikem iku rahsa, sajroning rahsa iku Ingsun.
Ora ana pangeran anging Ingsun dat kang anglimputi ing kaanan jati,
jumeneng
sajroning nukat gaib, tumurun dadi johar awal, ing kono wahananing alam
akadiyat, wahdat, wakidiyat, alam arwah, alam misal, alam ajsam, alam
insan
kamil, dadining manungsa sampurna yaiku sajatining sipat Ingsun."
Ayat Ketiga : Pembuka tahta dalam baitulmuqaddas :
"Sesungguhnya
AKU bertahta di dalam baitul muqaddas, itu rumah tempat kesucian- KU,
berdiri di alat kelamin Adam. Yang ada di dalam alat kelamin itu buah
pelir (pringsilan), di antara pelir itu nutfah yaitu mani, di dalam mani
itu madi, di dalam madi itu wadi, di dalam wadi itu manikem, di dalam
manikem itu rahsa, di dalam rahsa itu AKU. Tidak ada Tuhan kecuali AKU
dzat yang meliputi keberadaan sejati /sesungguhnya. Berdiri di dalam
nukat gaib, turun menjadi johar awal, di situ keberadaan alam ahadiyat,
wahdat, wahidiyat, alam arwah, alam misal, alam ajsam, alam insane
kamil, jadinya manusia sempurna yaitu sejatinya sifat-KU."
Di
sini juga disebutkan hal yang penting bahwa manusia sempurna (al -nsan
kamil) adalah sebagai perwujudan sifat-NYA (gambar citra-Nya) dan
terbentuk melalui tujuh tahapan alam yang dilaluinya, biasa dikenal
dengan istilah martabat pitu atau martabat tujuh yaitu
:
Pertama alam ahadiyah
Kedua alam wahdat
Ketiga alam wahidiyah
Keempat alam arwah
Kelima alam misal
Keenam alam ajsam
Ketujuh insan kamil (manusia sempurna).
Pada wejangan keempat ini, ketiga-tiga ayatnya menegaskan bahwa tidak ada Tuhan selain AKU (Allah), dzat yang meliputi keberadaan sesungguhnya (kahanan jati=keadaan sejati). Mengapa itu perlu ditegaskan, karena untuk menghindari salah pengertian
bagi mereka yang telah mendapatkan wejangan ini, jangan sampai karena
merasa bahwa AKU (Allah) 'bertahta' di kepala dan di dada manusia, lalu
manusia tersebut mengaku dirinya sebagai Tuhan, atau menjadi bagian dari
Tuhan. Jika itu yang terjadi, maka manusia tsb. telah jauh tersesat.
Ingat, bahwa semua wejangan tersebut adalah dalam makna kiasan semata.
Ini tafsir pribadi penulis. Intinya adalah bahwa Sang AKU MUTLAK (Allah
Swt) adalah amat dekat dengan manusia, bahkan lebih dekat dari pada urat
leher si manusia itu sendiri.
Dalil (Wejangan) Kaping Limo : Panetep Santosaning Iman
"Ingsun anekseni satuhune ora ana Pangeran anging Ingsun lan anekseni Ingsun satuhune muhammad iku utusan Ingsun"
Dalil / Pelajaran Kelima : Penetapan Iman Sentosa :
"AKU
menyaksikan bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan kecuali hanya AKU dan
AKU menyaksikan sesungguhnya muhammad itu adalah utusan-KU"
Dalam
nasehat ini Allah menyatakan kesaksianNya yang ditujukan kepada makhluk
ciptaanNya, bahwa tidak ada Tuhan lain kecuali hanya Dia semata, dan
Muhammad adalah benar-benar rasul atau utusanNya.
Dalil (Wejangan) kaping Nem : Sasahidan
"Ingsun
anekseni ing Dzat Ingsun dhewe, satuhune ora ana Pangeran anging
Ingsun, lan anekseni Ingsun satuhune Muhammad iku utusan Ingsun. Iya
sejatine kan aran Allah iku badan Ingsun, rasul iku rahsa-Ningsun,
Muhammad iku Cahaya-Ningsun. Iya Ingsun kang urip tan kena ing pati, iya
Ingsun
kang eling tan kena ing lali, iya Ingsun kang langgeng ora kena owah
gingsir ing kaanan jati, iya Ing-sun kang waskitha, ora kasamaran ing
sawiji-
wiji. Iya Ingsun kang amurba ami-sesa, kang kawasa wicaksana ora
kekurangan ing pakerthi, byar sampurna padhang terawangan, ora karasa
apa-apa, ora ana katon apa-apa, amung Ingsun kang anglimputi ing alam
kabeh kalawan kodratIngsun"
Dalil / Pelajaran Keenam : Sahadat / kesaksian
"AKU
menyaksikan pada DzatKU sendiri, sesungguhnya tidak ada Tuhan kecuali
AKU, dan menyaksikan AKU sesungguhnya Muhammad itu utusan-KU.
Sesungguhnya yang bernama Allah itu badan-KU (mungkin maksudnya :
Nama-Nya), rasul itu rahsa-KU, Muhammad itu cahaya-KU. AKU lah Yang
Hidup tidak terkena kematian, AKU lah yang Ingat tidak terkena lupa, AKU lah Yang
Kekal tidak berubah dalam keberadaan yang sesungguhnya, AKU lah
waskita, tidak ada tersamar pada sesuatu pun. AKU lah yang Berkuasa
Berkehendak, Yang Kuasa Bijaksana tidak kurang dalam tindakan, Terang
Sempurna jelas terlihat, tidak terasa apa pun, tidak kelihatan apa pun,
kecuali hanya AKU yang meliputi alam semua dengan kuasa (kodrat)- KU."
Wejangan
ini adalah wejangan penutup, yang merupakan Penyaksian Dzat (Allah)
terhadap Diri-Nya sendiri dan terhadap Muhammad, utusan-nya,
rahasia-Nya, Cahaya-Nya dan juga terhadap sifat-sifat kesempurnaan-Nya.
Perlu
penulis tegaskan lagi bahwa apa-apa yang penulis tulis pada postingan
ini adalah hanya sebagaian saja (cuplikan) dari buku Wirid Hidayat Jati.
Penulis berusaha memberikan terjemahan dalam bahasa Indonesia dan
berusaha memberi sedikit penafsiran sesuai dengan kepahaman penulis
pribadi.
Sebagai penutup tulisan ini, mari kita mencoba
menghayaiti Firman Allah dalam Qur'an Surah ke-20 Thaahaa : ayat 14,
yang artinya demikian : "Sesungguhnya AKU ini adalah Allah, tidak ada
Tuhan (yang hak) selain AKU, maka sembahlah AKU dan dirikanlah shalat
untuk mengingat-KU".
Tidak ada tuhan selain allah,,,karna allah adalah nama yaitu alif,lam,lam,ha,,dan hurup itu pada tubuh kita tempatnya,,,maka jelas yg bernamakan allah adalah manusia sebagai ujud nyatanya,,atau bayangan dari zat rahasia nya,,,
BalasHapusDimana saya bisa mendapatkan buku Serat Wirid Hidayat Jati, dari Raden Mas Ngabehi Ronggowarsito....?
BalasHapusRahayu pencerahan serat wirid hidayah jati
BalasHapusRahayu.
BalasHapusDimana bisa mendapatkan kitab serat wirid Hidayat Djati
BalasHapusTetangga sy punya
HapusAna
BalasHapusAllah
Ahad
Wirid hidayat jati tidak boleh dirapalkan bagi yang belum mengalami penyaksian di alam cahaya, melihatNya, dan menyaksikan keindahan Nya. Asal njeplak bisa murtad. Kalau syari'at syari'at saja , krn bukan jatahnya. Sholat saja belum bener
BalasHapusBerati Hidayat Jati sama dengan Sastrojendro.bedanya apa ya Master???
BalasHapusAlhamdulillah saya punya serat wirid hidayat djati,wirid sastradjedra hayuningrat jilid 1&2.
BalasHapusalkhamdulillah...sampun dumugi gen kulo...
BalasHapusNopo saget kulo tumbas buku niki mas??
BalasHapusAlangkah baiknya wejangan MURTI TOMO WASKITO TUNGGAL dulu sebelum membaca buku ini, agar lebih paham dan tidak salah dalam memahami!
BalasHapus