Sabtu, 21 Mei 2016

GELOMBANG ELECTROMAGNETIK PADA TUBUH (MPSSGI)






GELOMBANG ELECTROMAGNETIK PADA TUBUH


Tubuh manusia sebagai sebuah Reaktor atau Generator alam yang unik yang dapat menghasilkan listrik yang memiliki medan magnit,Dari adanya daya tarik medan magnit pada tubuh manusia akan menimbulkan gerak getaran,getaran tersebut akan merambat menjadi gelombang elekromagnetik.Adapun Gelombang Elektromagnetik yang terdapat pada tubuh manusia tidak jauh bedanya dengan pembahasan tentang Gelombang Elektromagnetik yang dibahas oleh para akhli fisika,seperti antara lain,Gelombang Elektromagnetik pada tubuh manusia dapat merambat tanpa medium,memiliki frekuensi,panjang gelombang,amplitude ,spectrum.Dengan melihat hal tersebut susunan bentuk gelombang elektromagnetik pada tubuh manusia,berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya,maka pada tubuh terdapat spectrum elektromagnetik.Dengan adanya spectrum pada tubuh kita maka sudah tentu adanya gelombang radio.gelombang mikro,sinar imfra merah,ultra violet.sinar X,sinar gamma.Secara filosopi.bahwa tubuh manusia merupakan mikro cosmos,alam kecil yang kapasitas volumenya sama dengan alam makro cosmos,Jika melihat tersebut di atas ,maka apa saja yang terdapat di alam terdapat juga pada diri manusia,seperti salah satu contoh pada manusia terdapat Gelombang Elektromagnetik.Untuk memperjelas pemahaman kita terhadap Gelombang Eletromagnetik,maka di bawah ini kita bahas pengertian tentang Gelombang Elektromagnetik.


                  Gelombang



Gelombang elektromagnetik sebenarnya selalu ada disekitar kita, salah satu contohnya adalah sinar matahari, gelombang ini tidak memerlukan medium perantara dalam perambatannya. gelombang radio dan lai lain. Spektrum gelombang elektromagnetik masih terdiri dari berbagai jenis gelombang lainnya, yang dibedakan berdasarkan frekuensi atau panjang gelombangnya. Untuk itu disini kita akan mempelajari tentang rentang spektrum gelombang elektromagnetik, karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spectrum dan contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude, kecepatan. Amplitudo adalah tinggi gelombang, sedangkan panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak. Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Frekuensi tergantung dari kecepatan merambatnya gelombang. Karena kecepatan energi elektromagnetik adalah konstan (kecepatan cahaya), panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik. Semakin panjang suatu gelombang, semakin rendah frekuensinya, dan semakin pendek suatu gelombang semakin tinggi frekuensinya.


                  Gelombang


Susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya disebut spektrum elektromagnetik. Gambar spectrum elektromagnetik di bawah disusun berdasarkan panjang gelombang (diukur dalam satuan _m) mencakup kisaran energi yang sangat rendah, dengan panjang gelombang tinggi dan frekuensi rendah, seperti gelombang radio sampai ke energi yang sangat tinggi, dengan panjang gelombang rendah dan frekuensi tinggi seperti radiasi X-ray dan Gamma Ray.Di bawah ini contoh spectrum gelombang elektromagnetik yaitu antara lain:
  • Gelombang Radio
Gelombang radio dikelompokkan menurut panjang gelombang atau frekuensinya. Jika panjang gelombang tinggi, maka pasti frekuensinya rendah atau sebaliknya. Frekuensi gelombang radio mulai dari 30 kHz ke atas dan dikelompokkan berdasarkan lebar frekuensinya. Gelombang radio dihasilkan oleh muatan-muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar. Muatan-muatan ini dibangkitkan oleh rangkaian elektronika yang disebut osilator. Gelombang radio ini dipancarkan dari antena dan diterima oleh antena pula. Kamu tidak dapat mendengar radio secara langsung, tetapi penerima radio akan mengubah terlebih dahulu energi gelombang menjadi energi bunyi.
  • Gelombang mikroGelombang mikro (mikrowaves) adalah gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi yaitu diatas 3 GHz. Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda itu. Jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro, maka makanan menjadi panas dalam selang waktu yang sangat singkat. Proses inilah yang dimanfaatkan dalam microwave oven untuk memasak makanan dengan cepat dan ekonomis.
    Gelombang mikro juga dimanfaatkan pada pesawat RADAR (Radio Detection and Ranging) RADAR berarti mencari dan menentukan jejak sebuah benda dengan menggunakan gelombang mikro. Pesawat radar memanfaatkan sifat pemantulan gelombang mikro. Karena cepat rambat glombang elektromagnetik c = 3 X 108 m/s, maka dengan mengamati selang waktu antara pemancaran dengan penerimaan.
  • Sinar InframerahSinar inframerah meliputi daerah frekuensi 1011Hz sampai 1014 Hz atau daerah panjang gelombang 10-4 cm sampai 10-1 cm. jika kamu memeriksa spektrum yang dihasilkan oleh sebuah lampu pijar dengan detektor yang dihubungkan pada miliampermeter, maka jarum ampermeter sedikit diatas ujung spektrum merah. Sinar yang tidak dilihat tetapi dapat dideteksi di atas spektrum merah itu disebut radiasi inframerah.
    Sinar infamerah dihasilkan oleh elektron dalam molekul-molekul yang bergetar karena benda diipanaskan. Jadi setiap benda panas pasti memancarkan sinar inframerah. Jumlah sinar inframerah yang dipancarkan bergantung pada suhu dan warna benda.
  • Cahaya tampakCahaya tampak sebagai radiasi elektromagnetik yang paling dikenal oleh kita dapat didefinisikan sebagai bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh mata manusia. Panjang gelombang tampak nervariasi tergantung warnanya mulai dari panjang gelombang kira-kira 4 x 10-7 m untuk cahaya violet (ungu) sampai 7x 10-7 m untuk cahaya merah. Kegunaan cahaya salah satunya adlah penggunaan laser dalam serat optik pada bidang telekomunikasi dan kedokteran.
  • Sinar ultravioletSinar ultraviolet mempunyai frekuensi dalam daerah 1015 Hz sampai 1016 Hz atau dalam daerah panjang gelombagn 10-8 m 10-7 m. gelombang ini dihasilkan oleh atom dan molekul dalam nyala listrik. Matahari adalah sumber utama yang memancarkan sinar ultraviolet dipermukaan bumi,lapisan ozon yang ada dalam lapisan atas atmosferlah yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan meneruskan sinar ultraviolet yang tidak membahayakan kehidupan makluk hidup di bumi.
  • Sinar XSinar X mempunyai frekuensi antara 10 Hz sampai 10 Hz . panjang gelombangnya sangat pendek yaitu 10 cm sampai 10 cm. meskipun seperti itu tapi sinar X mempunyai daya tembus kuat, dapat menembus buku tebal, kayu tebal beberapa sentimeter dan pelat aluminium setebal 1 cm.
  • Sinar GammaSinar gamma mempunyai frekuensi antara 10 Hz sampai 10 Hz atau panjang gelombang antara 10 cm sampai 10 cm. Daya tembus paling besar, yang menyebabkan efek yang serius jika diserap oleh jaringan tubuh.
   

Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia ( MPSSGI ) memamfaatkan potensi Gelombang Elektromagnetik yang terdapat pada tubuh ini untuk beberapa kebutuhan dalam kehidupan.Magnetik yang terdapat pada tubuh manusia akan memancarkan gelombang Elektromagnetik tersebut tanpa medium.Melalui radiasi/pancaran,rambatan gelombang ini dapat digunakan sebagai Energi Supranatural yang sangat banyak kegunaannya.Namun hanya beberapa orang saja yang mengenal cara penggunaanya.oleh sebab itu sebuah methode yang ditemukan oleh Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia ( MPSSGI) untuk mengolah,memberdayakan gelombang Elektromagnetik yang terdapat pada tubuh sebagai kekuatan tenaga dalam,pengobatan alternatip tanpa efek samping dan kontra indikasi,dan sebagai pengindraan jarak jauh,mencerdaskan otak,memperjam intuisi serta keseimbangan emosi. Semua ini telah dilakukan oleh MPSSGI yaitu menggunakan potensi alam yang terdapat pada tubuh manusia sebagai suatu yang bermamfaat bagi diri kita dan orang lain.

Senin, 16 Mei 2016

Lalu Husnul Yaqien Juniansyah






MPSSGI MENGACU PADA KONSEP EKG


Dalam konsep EKG dijelaskan bahwa pada tubuh manusia terdapat listrik/magnit yang disebut biolistrik. Biolistrik tersebut terjadi karena ada sistem kerja syaraf manusia, Otak, sum sum tulang belakang, sum-sum lanjutan yang mengatur gerak-gerak otonom seperti detak nadi, denyut jantung, dan syaraf tepi merupakan sistem kemagnitan dan kelistrikan pada manusia.

Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia ( MPSSGI ) dalam setiap latihannya, menumbuhkan dan membangkitkan kemagnitan dan kelistrikan tubuh ini dengan latihan-latihan tertentu, tanpa menggunakan alat atau intrumen listrik atau magnit sebagai media pembantu, Sebuah methode yang dikembangkan memiliki gerak-gerak tertentu tanpa olah nafas, tanpa meditasi atau pemusatan pikiran, dan tanpa menggunakan doa, zikir dan mantra. Merujuk kepada EKG yaitu sistem kelistrikan dan kemagnitan pada tubuh manusia yang merupakan hasil penelitian yaitu sebuah alat elektronic yang dipasang pada tubuh yang disebut Elektrokardiogram (EKG), Elektrokardiogram ( EKG) adalah suatu grafik yang menggambarkan rekaman listrik jantung. Kegiatan listrik jantung dalam tubuh dapat dicatat dan direkam melalui elektroda-elektroda yang dipasang pada permukaan tubuh. Eletrokardiogram ini berasal dari ilmu yang mempelajari kelistrikan dan kemagnitan tubuh yang disebut ilmu Elektrokardiografi.

 Dengan terciptanya sebuah alat sensor untuk mengetahui kelistrikan dan kemagnitan tubuh manusia, yang membuktikan bahwa di dalam tubuh manusia terdapat potensial listrik dan magnit. Potensi listrik dan magnit pada tubuh manusia ini diusahakan memeliki medan magnit atau medan listrik yang stabil sehingga dapat didayagunakan oleh tubuh itu sendiri, Oleh sebab itu MPSSGI berusaha menyeimbangkan energi magnit/listrik yang terdapat pada tubuh tersebut dengan tehnik-tehnik tertentu. Energi potensial ini ditumbuh kembangkan dengan cara-cara yang sudah dibuktikan, agar memiliki energi seimbang dan siap pakai untuk beberapa kebutuhan yang sangat diperlukan manusia. Kebuthan tersebut bersifat jasmani dan rohani, seperti kesehatan tubuh, tenaga dalam, pengobatan alternatif, keseimbangan emosi, mempertajam intuisi dan kecerdasan otak. Untuk lebih jelas lagi berikut ini, mari kita lihat tentang pengertian EKG yaItu sebuah konsep Listrik dan Magnit Dalam Tubuh.



Konsep EKG, Listrik Dan Magnet Dalam Tubuh

Potensial listrik pada organ tubuh disebut Biolistrik, biolistrik pada tubuh mempunyai dua aspek yang memegang peranan penting yaitu :

1-Kelistrikan dan Kemagnetan yang timbul dalam tubuh manusia.
2-Penggunaan listrik dan magnet pada permukaan tubuh manusia.

Sejarah perkembangan biolistrik yaitu Luigi Galavani (1780) mulai mempelajari kelistrikan pada tubuh hewan kemudian pada tahun (1786) Luigi Galvani melaporkan hasil eksperimennya bahwa kedua kaki katak terangkat ketika diberi aliran listrik lewat suatu konduktor. Pada tahun (1856) Caldani menunjukkan kelistrikan pada otot katak yang telah mati, dan pada tahun (1928) melaporkan tentang pengobatan penderita dengan menggunakan short wave.

Kelistrikan dan kemagnetan dalam sistem tubuh terdiri dari, Sistem syaraf dan neuron syaraf Pusat, dan syaraf pusat terdiri atas :

1- otak (ensefalon)
2- sumsum tulang belakang (medulla spinalis),
3- saraf tepi (perifer).


Syaraf perifer ini adalah saraf yang mengirim informasi sensorik ke otak atau medulla spinalis (afferen), sedangkan serat saraf yang menghantarkan dari otak atau medula spinalis ke otot serta kelenjar (saraf efferen). Syaraf perifer terdiri dari sistem syaraf sadar dan sistem syaraf tak sadar (sistem saraf otonom), Syaraf Otonom adalah Sistem syaraf ini mengatur organ dalam tubuh secara otoni, misalnya : jantung, usus, dan kelenjar. Sedangkan syaraf yang berdiameter besar mempunyai kemampuan menghantar impuls lebih cepat daripada saraf berdiameter kecil.


Dengan mempergunakan mikroskop elektron, syaraf dibagi dalam dua tipe yaitu, saraf bermyelin dan syaraf tanpa myelin. Kecepatan aliran listrik pada syaraf yang berdiameter yang sama dan panjang yang sama sangat tergantung kepada lapisan mielin ini..Akson tanpa mielin (diameter 1 mm) mempunyai kecepatan 20-25 m/detik. Syaraf bermielin pada diameter 10 µm mempunyai kecepatan100 m/detik.Kelistrikan pada sinapsis dan neuron. Hubungan antara dua buah syaraf disebut sinapsis, berakhirnya syaraf pada sel otot/hubungan syaraf otot disebut Neuromyal junction, sinapsis maupun neuromyal junction mempunyai kemampuan meneruskan gelombang depolarisasi dengan cara lompat dari satu sel ke sel yang berikutnya.

Sumber daya gerak jantung sangat bergantung pada kemampuan kerja dari sekelompok sel yang mampu menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang cukup untuk membuatnya terus bergerak. Sel-sel ini menghasilkan impuls listrik yang kemudian diteruskan oleh sel-sel penggerak yang tersebar dipermukaan jantung dan hingga membuatnya berdenyut. Sel-sel ini disebut Sinoatrial node (SA node) yang terdapat di Atrium sebelah kanan. Selain memiliki SA node, jantung juga memiliki serabut-serabut khusus yang mendistribusikan tenaga listrik pada jantung dilakukan.
Elektrokardiografi adalah ilmu yang mempelajari aktifitas listrik jantung, Sedangkan Elektrokardiogram (EKG) adalah suatu grafik yang menggambarkan rekaman listrik jantung.

Kegiatan listrik jantung dalam tubuh dapat dicatat dan direkam melalui elektroda-elektroda yang dipasang pada permukaan tubuh. Mengalirnya aliran listrik akan menimbulkan medan magnet dan medan magnet sekitar jantung disebabkan adanya arus listrik jantung yang mengalami depolarisasi dan repolarisasi. Pencatatan medan magnet jantung disebut magnetokardiogram.

Rabu, 11 Mei 2016

MEMPERJAM INTUISI / INDRA KE 6 ( MPSSGI )






MEMPERTAJAM INTUISI/INDRA KE 6 ( MPSSGI )

Dikala kita membutuhkan faktor-faktor pendukung dalam mengambil keputusan langkah hidup ini, maka dibutuhkan suatu intrumen yang tetap dan akurat dalam mengatasinya,memecahkan masalah dengan kekuatan berfikir secara intelektual atau logika menimbulkan keruwetan dan masalahnya menjadi semakin menjelimet,maka intuisi muncul dengan kafasitas dan reflektifitasnya sebagai firasat,isyarah,atau indra ke enam.sejauh mana keberadaan intuisi dalam diri kita sebagai indra ke enam yang mampu menyelesaikan suatu persoalan dalam kehidupan yang kita hadapi. Seiring dengan banyaknya pilihan hidup dengan segala pernak pernik dan sebab akibatnya,maka kehadiran sebuah intuisi itu sangat diperlukan dalam menyelesaikan sebuah problematika hidup.

Intuisi sebagai sebagai sebuah radar dalam diri manusia yang mengenal dan mengetahui arah terbaik yang seharusnya kita ambil, maka secara tidak langsung harus membuka diri untuk mendengarkan intuisi yang kadang berlalu pada diri manusia tanpa disadari. Sehingga benar-benar sebuah intuisi itu dapat menjadi sebuah media yang ampuh yang memberi arah dalam menempuh kehidupan dengan refleksinya muncul tiba tiba dalam benakkita.

Relaksai diri dengan pemberhentian yang berbolak balik dalam hati ,pikiran,dan keinginan sangatlah tidak mudah . Perlu latihan-latihan yang teratur untuk mencapai ketenagan sehingga mempertajam kepekaan intuisi tersebut.kekuatan intuitif sesekali bahkan seringkali muncul begitu saja tanpa disadari kapan datangnya. Karena intuisi merupakan suatu potensi dalam tubuh kita sejak lahir dan tergantung dari diri kita ,apakah kita mampu menangkapnya atau malah mengabaikannya.

Untuk mengasahnya memang tidak segampang yang dibayangkan secara asal-asalan, karena membutuhkan latihan-latihan untuk mempertajam kepekaan agar mampu menangkap isyarat suara batin/intuisi dalam diri. Menurut pengalaman yang telah dipraktikan oleh MPSSGI ,latihan latihan teratur yang dilakukan dengan membangkitkan gerak getaran gelombang Natural Magnetik Energi pada tubuh,dapat mempertajam refleksi munculnya intuisi pada diri manusia.

Ketika melakukan latihan pembangkitan gerak getaran gelombang Natural Magnetik Tubuh,haruslah dalam suasana hati yang tenang,jauh dari dari emosional seperti marah, sedih, khawatir ,resah.gelisah,was was dan lain lain. Maka untuk tajamnya refleksi intuisi tersebut sebaiknya gejolak pikiran ,hati,perasaan dan keinginan tenang ,datar tidak goyah. Tanpa pikiran tenang dan hati yang bersih.Karena intuisi itu berada diluar logika dan intelektual,namun merupakan kecerdasan yang muncul seketika pada jiwa yang tenang tanpa beban.
\
Intuisi adalah energi yang mengalir dalam diri kita. Ibarat sungai, energi intuisi mempunvai alirannya sendiri. Aaliran itu akan terhalang jika pikiran,hati keinginan kita dalam keadaan semerawut,tidak tenang dan tidak seimbang.“Sungai” tersebut terkadang melebar atau menyempit sehingga mempengaruhi deras lambatnya aliran, aliran energi intuisi pun tidak jauh berbeda, alirannya tidak akan selalu sama. Hal tersebut memang alamiah dan manusiawi, yang penting adalah menjaga agar aliran tetap lancar, sehingga kita tidak salah dalam hal mengambil keputusan-keputusan dalam hidup. Caranya dengan memberdayakan gerak refleksi dari getaran gelombang Natural Magnetik Energi Tubuh yang sudah kuat dalam diri ,karena latihan latihan tertentu..

Kita harus mulai dari diri kita sendiri.menenangkan pikiran, hati,perasaan kita,karena yang diperlukan tidak hanya bersih dari emosi, hati kita pun harus bersih dari sifat-sifat maupun maksud-maksud yang tidak baik seperti irihati, culas, serakah, konsumtif, asosial, pelit dan lain lain. Sifat-sifat dan maksud-maksud buruk tersebut menutup mata hati kita, sehingga suara hati nurani atau intuisi tidak terdengar karena tertutup oleh gelap gulitanya suara-suara keruh yang menutupi.
Tentunya, semua itu merupakan suatu proses yang tidak dapat dilakukan seketika secara instan.Kita harus mulai dengan latihan latihan teratur,membangkitkan gerak getaran gelombang Natural Magnetik Energi Tubuh,dengan latihan latihan tersebut kita dapat menemukan ketenangan,kelembutan hati,memiliki sifat welas asih ,sehingga refleksi intuisi yang dikenal dengan indra ke 6 pada manusia ini tidak terhalang munculnya oleh oleh awan pekat ketidak tahuan.


The six sense, atau Intuisi terkait dengan segala bidang kehidupan, setiap manusia mempunyai bakat kepekaan yang disebut indra ke enam. Pengembangan Indra ke enam yang terbaik haruslah dapat membawa manfaat bagi kehidupannya dan terutama dapat menunjang apapun profesi yang di gelutinya.Intuisi adalah kekuatan yang dengan cepat menyadari bahwa “sesuatu” itu adalah kasusnya. Intuisi adalah kemampuan psikis yang dikenal sebagai firasat,laduni,atau ilham, atau kemampuan untuk mengenal apa yang akan terjadi selanjutnya. Hal tersebut dilakukan tanpa intervensi dari berbagai proses yang masuk akal. Tidak ada langkah-langkah induktif atau deduktif yang masuk akal. Tidak ada analisa yang wajar dari situasi tersebut, tidak ada bantuan dari  imajinasi,pimikiran,keinginan atau kemauan. Hanya sekilas dan tiba-tiba muncul dengan refleksinya. 

Ketika kita tahu sesuatu, tanpa mengetahui bagaimana caranya terjadi,mengapakah kita bisa tahu hal tersebut.” Inilah juga yang disebut naluri,intink dengan refleksinya, di mana informasinya tidak hadir sebagai buah pikiran, atau analisa yang komprehensif dan akurat dari segala sudut. Intuisi umumnya hadir dalam bentuk yang unik,tanpa menggunakan hukum sebab akibat, jernih namun berbisik, sehingga untuk bisa menangkapnya kita perlu lebih terbuka dan peka.Untuk menjadi intuitif adalah sifat alami manusia, hampir setiap manusia mempunyai kemampuan ini, dan pernah mengalaminya selama hidupnya. Yang membedakan hanya tingkatan dari kemampuan ini. 

Namun, ilmu pengetahuan masih belum menjelaskan mengapa beberapa individu tampaknya lebih kuat dan lebih tajam intuisinya daripada orang lain. Hal ini karena ada beberapa individu langka yang memiliki kemampuan psikis kuat dari yang lain. Banyak orang berpikir bahwa intuisi adalah hanya soal kebetulan. Namun, ada beberapa individu-individu berbakat yang intuisinya jarang gagal dan selalu menjadi kenyataan, ini jelas bukan lagi soal kebetulan.Bila ingin untuk hidup yang lebih dibimbing oleh intuisi,maka ingatlah bahwa semua orang punya intuisi secara alamiah. Ini bukan keterampilan baru yang harus diperoleh, namun keterampilan lama yang terlupakan, dan perlu diasah kembali agar bermanfaat dalam keseharian.untuk melatih kembali intuisi kita,maka MPSSGI menemukan sebuah methode yaitu dengan membangkitkan Getaran Gelombang Natural Magnetik Energi Tubuh.Natural Magnetik Energi Tubuh yang telah bangkit kuat pada tubuh dengan latihan latihan tertentu dapat mempertajam kecerdasan intuasi atau indra ke enam pada manusia.
\

Natural Magneti Energi Tubuh memiliki getaran yang merambat,menjadi gelombang yang dapat membaca dengan kecerdasannya signal signal pada alam.Signal signal yang diterima tersibut dapat menjadi refleksi gerak tubuh yang benar jika mengalami sesuatu yang mendesak,refleksi rasa yang timbul menjadi firasat,refleksi pendengaran,pengelihatan yang bersifat metafisika,dan dapat juga muncul sebai refleksi bashiroh yaitu mimpi mimpi yang benar.


Intuisi berguna di semua kehidupan manusia apapun profesinya termasuk dalam pengambilan keputusan bisnis.ntuisi."Albert Einstein sering berkata bahwa teori relativitasnya muncul lebih karena pikiran yang berkelebat, bukan karena pola pikir logis yang disajikan oleh para peneliti di laboratorium yang berorientasi pada data. Tentu saja teori itu lalu dimatangkan oleh berbagai studi dan peremungan. Tapi seperti yang dikatakannya kemudian, "Faktor yang paling menentukan di sini adalah i


Intuisi agak sukar didefinisikan. Ada sementara orang menyebutnya sebagai "feeling", perkiraan, spekulasi, imajinasi atau kreativitas. Tapi intuisi juga janganlah dikacaukan dengan pengertian impulsif. Yang terakhir ini acapkali merupakan suatu usaha yang tergopoh-gopoh dalam membuat pertimbangan, dan seringkali didasari oleh kemalasan atau keinginan untuk menghindari fakta. Intuisi selalu menyambut baik setiap data yang datang, kendati pun ia menolak untuk hanya dibatasi oleh data. Einstein, misalnya, mendapat gagasan berdasarkan intuisi. Tetapi ia tetap berusaha melakukan serangkaian uji-coba dan eksperimen untuk mengukur kebenaran gagasannya itu.

\Suatu penelitian terhadap otak memperlihatkan bahwa belahan otak kiri merupakan tempat dari proses logika, keteraturan, rasional dan verbal. Sedangkan belahan otak kanan merupakan tempat dari proses intuisi, imajinasi, artisitik dan kreatif. Terlepas dari segala perhatian yang diberikan terhadap pentingnya "rasionalitas" dalam wacanan manajemen, suatu penelitian yang dilakukan oleh Harry Mintzberg dari McGill University memperlihatkan bahwa para pemimpin perusahaan yang unggul dalam mengambil keputusan biasanya menggunakan belahan kanan otaknya – sisi intuisi – sebanyak 80%.Sejumlah pemimpin puncak perusahaan mengatakan pada kami bahwa mereka mengandalkan intuisi terutama dalam mempekerjakan, menempatkan dan mempromosikan orang. Sebagian lain mengatakan, mereka mengandalkan intuisi dalam mengambil keputusan tentang produk, terutama bagi mereka yang bergerak di bidang industri mode dan hiburan. Tetapi di pihak lain, presiden merangkap direktur pelaksana Agva-Gevaert mengingatkan intuisi itu harus dikendalikan. "Tampaknya intuisi lebih bisa diandalkan sebagai suatu alarm atau sistem peringatan – daripada sebagai pemicu untuk melakukan tindakan," demikian katanya.

Intuisi sebenarnya ada pada tiap manusia. Hanya sayangnya kemampuan ini akan memudar tatkala mereka beranjak dewasa, kecuali di stimulasi dengan cara khusus. Salah satunya, Intuisi bisa diaktifkan kembali dengan salah satu methode yang dikembangkan oleh MPSSGI yaitu dengan latihan latihan tertentu untuk membangkitkan Natural Magnetik Energi Tubuh,jika hal ini sudah tumbuh kuat pada tubuh manusia maka kecerdasan intuisi tersebut menjadi lebih tajam ,dan refleksinya cepat dan seketika.

ELEKTRONKU TERUS MENGALIR








Gerakmu tak henti walau hanya selahdahpun
dari jutaan ion ion yang mengejar netron
elektronpun terus mengalir tak penat
getaran getaranpun merambat
gelombang dengan frekuensinnya membentuk garis
dari kumpulan titik yang bersambung tak putus
meliris nada dan visual tak henti
gambar gambar acakpun sering tertayang
menjadi ilusi dan halusinasi
lukisan hayal memenuhi pikiran
sinema rasa mengukir harapan
bisikan bisikanpun mengemuka
di getar getar pita audio yang tak beraturan
berjuta bayang dan suara memenuhi semesta
bagai menemukan jarum di bukit pasir
sulit terlancak dan terdideksi
bagi yang mengenal titik netronnya
paham dengan inti fartikelnya
senyawa senyawa dan ledakannya
mengerti tentang gerak gelombang elektronnya
radar diripun menangkap signal akurat
disana ada visual yang nyata
berita berita yang valid
tentang rahasia rahasia sarwa
mistrypun akan menjadi realita
gugurlah segala tanya
sirnanya problematika yang menghadang
ada kepastian jejak dan ayun
kelempangan langkan dan tilas
bergerak dengan refleksi gelombangnya
memanah tepat sasaran
tanpa pemusatan pandang
tak perlu pemikiran
tak butuh keinginan
hanya satu kata tanpa pengulangan
bahasapun tak dibutuhkan lagi
kalimat penghubungpun menjadi semu
bergerak tanpa kata .namun dia berkata
diam tanpa kalimat namun berbicara
hanya berbahasa dengan gerak
berkalimat dengan getarannya
gelombangpun menembus batas demensi
hanya satu kata tanpa beban
semua akan menjadi kenyataan

MEDAN ENERGI PADA TUBUH ( MPSSGI )







Dengan melihat kilas balik dari apa telah ditemukan oleh eksperimen para ilmuwan terdahulu tentang Medan Energi,yang menandakan bahwa pada tubuh manusia terdapat Medan Energi yang merupakan potensi yang sudah ada pada diri manusia,Faktor faktor yang menyebabkan Medan Energi tersebut telah diteliti oleh para ilmuwan yang menyatakan pada diri manusia terdapat Medan Energi yang merupakan Medan Magnetik atau Medan Listrik yang dikenal dengan Bioenergi/Biomagnetik/Biolistrik Tubuh.Oleh sebab itu dengan melihat hal tersebut.maka Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia (MPSSGI) mengembangkan suatu bentuk latihan untuk membangkitkan Energi Magnetik pada tubuh manusia ini dengan suatu bentuk latihan yang berbeda,yang dapat memberdayakan Medan Energi tersebut untuk berbagai macam kebutuhan.Untuk lebih jelasnya tentang potensi Medan Energi,maka di bawah ini akan dijelaskan tentang Medan Energi yang terdapat pada manusia.

Pengertian tentang Medan Energi pada tubuh manusia menjadi sangat penting setelah ditemukan bukti-bukti ilmiah sebagai hasil eksperimen para ilmuwan pada saat ini. Medan energi manusia telah terbukti berhubungan dengan kesehatan tubuh fisik dan kesehatan emosional seseorang. Untuk itu anda perlu untuk mengetahui cara bekerja medan energi manusia untuk dapat mempergunakan energi tersebut bagi kesehatan, penyembuhan atau menciptakan sesuatu yang baru bagi anda. Selain itu anda juga harus mengetahui hubungan antara energi-energi pada tubuh anda dan aliran-aliran energi universal yang berproses didalah tubuh. Melalui medan energi kehidupan inilah situasi kehidupan seseorang, pengalaman-pengalaman dan dunia materi tercipta. Tabel 1 menunjukan referensi sejarah dari medan energi universal yang dimulai sejak 5000 tahun sebelum masehi.

Medan energi yang berhubungan dengan tubuh manusia telah berhasil diukur dengan alat seperti electroencephalograph (EEG), electrocardiograph (EKG) dan superconducting quantum interference device (SQUID, magnetometer yang amat sensitif). Secara ilmilah medan energi pada tubuh manusia ini disebut sebagai bio energi. Pada saat ini, bio energi seluruh tubuh manusia telah dapat dicetak diatas selembar kertas dengan menggunakan sebuah alat berupa kamera yang dihubungkan dengan sebuah komputer dan sebuah printer. Sudah terdapat beberapa institusi yang menyewakan alat tersebut di Jakarta sehingga anda dapat mengetahui bio energi tubuh anda dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Pemuan Medan Energi sudah ribuan tahun sebelum masehi seperti yang tertera di bawah ini:

1-Pada Tahun 5000 SM di India Medan Energi dinamakan dengan nama Prana,
2-Pada Tahun 3000 SM di China Medan Energi dinamakan dengan nama Chi/Yin/Yang.
3-Pada Tahun 500 SM di Yunani Medan Energi dinamakan dengan nama Vital Energy
4-Pada Tahun 1500 M di Eropa Medan Energi dikenal dengan nama Iliaster Paracelus
5-Pada Tahun 1600 M oleh Gottfriedmonads Wilhelm Von Leibnitz, Medan Magnit dinamakan Monads .
6-Pada Tahun 1700 M oleh Franz Anton Medan Energi dinamakan magnetic fluid
7-Pada Tahun 1800 M oleh Wilhelm von Reichenbach Medan Energi dinama kan odic force

Semua alat tubuh manusia, khususnya syaraf dan otot dalam menjalankan fungsinya selalu berkaitan dengan peristiwa listrik. Dengan demikian sebenarnya manusia merupakan satu sistem biolistrik yang sangat menarik untuk diamati.Manusia disusun oleh lebih dari 1 triliun sel, yang masing-masing sel mempunyai muatan listrik lebih kurang 90 mV dengan muatan positip diluar membran sel dan muatan negatip didalamnya. Cukup hanya dengan hubungan seri menggunakan 3.000 sel saja akan dihasilkan beda potensial sebesar 270 volt, lebih besar dari tegangan listrik 220 volt milik PLN. Padahal kita memiliki lebih dari 1 triliun sel. Itulah gambaran betapa dahsyatnya manusia andaikata hal itu dapat terjadi dalam tubuh manusia.

Pada tubuh manusia terjadi metabolisme, metabolisme adalah proses kimiawi suatu organisme. Metabolisme juga bisa dikatakan sebagai modifikasi senyawa kimia secara biokimia di dalam organisme dan sel. Metabolisme biasanya terdiri atas tahapan-tahapan yang melibatkan enzim, yang dikenal pula sebagai jalur metabolisme.Metabolisme merupakan aktivitas hidup yang selalu terjadi pada setiap sel hidup. Pada metabolisme sel, bahan dan energi diperoleh dari lingkungan sel yang berupa cairan, misalnya darah . Cairan yang mengelilingi sel disebut cairan ekstrasel.Pada sistem metabolisme tubuh terdapat medan energi yang merupakan biomagnetik yang dihasilkan oleh darah ( FE ) yang mengandung magnetik,dan Cairan tubuh ( HO2) yang mengandung magnetik juga.
Interaksi otak-dan-tubuh pada manusia merupakan fungsi sumsum tulang belakang penting lain dengan kemampuannya untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh. Neuron sensorik ditemukan dalam sumsum tulang belakang menanggapi panca indera tubuh dan mengkonversi rangsangan dari lingkungan luar menjadi impuls listrik. Impuls ini kemudian dikirimkan ke sistem saraf pusat untuk diproses. Pada gilirannya, neuron motorik mengubah informasi sistem saraf pusat menjadi impuls listrik yang diarahkan ke otot dan organ, sehingga mengendalikan gerakan.

Dengan melihat hal tersebut di atas tentang Medan Energi pada tubuh manusia yang sangat erat hubungan dengan medan magnit atau biomagnetik pada diri manusia,dilihat dari sistem syaraf dan kandungan zat yang terdapat pada tubuh manusia yang memiliki potensi magnetik energi yang menimbulkan gerak getaran gelombang pada tubuh manusia,Maka Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia ( MPSSGI ) menemukan suatu methode untuk memperkuat dan memberdayakan Medan Magnit pada tubuh manusia,dengan suatu tehnik yang dikembangkan,tanpa alat mekanik apapun untuk membantu tumbuhnya Energi tersebut,Medan Energi dapat ditumbuhkan dengan membangkitkan dan memperkuat potensi yang sudah ada pada diri manusia menggunakan suatu bentuk latihan khusus yang ditemukan oleh Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia (MPSSGI) yang berbeda dengan cara cara yang telah ditemukan sebelumnya.Penemuan unik ini tanpa menggunakan olah pernafasan,tanpa menggunakan meditasi,tanpa menggunakan doa atau mantra,namun menggunakan teknik tertentu yang dapat membangkitkan Medan Energi tersebut dengan cepat.

ILUSIMU TENTANG MASA DEPAN






ilusimu tentang masa depan tengah terpapar
mengerenyit kening memutar pikiran
berkubang hayalan muluk melampaui
berusaha mengubah haluan keraguan
namun bimbang menjala tak karuan
harapan harapan berhias kecemasan
takut dan takut jika keinginan tak tergapai
ilusimu tentang masa depan terus melanglang
melambung jauh di batas cakrawala
hal yang tak mungkinpun terpampang
menimang probabilitas dan peluang
ilusimu tentang masa depan tak pernah pudar
doa dan harapanpun terlontar
semua berkubang di benak
melewati batas dimensi waktu dan ruang
demarkasi logikapun terlewati
hingga keinginan bertumpuk jejal
hasrat bertubi dengan luapan keinginan
hati dan pikiranpun berdialektika
antara logos dan nafsu
perangpun tak terelakkan
pikiran jernihpun tersingkirkan
ilusimu tentang masa depan memenjarakanmu
gerah panas menyegal dada
luapan keinginan tak terbendung
kalut membalut ,mumet menggelut
semua mencegal rasa menduri di dada
ilusi tentang masa depan terus membelit
angan angan bertebar di langit gambang
bagai lukisan abstrak yang tak berwujud
kanfas kanfas pikiran terus menggores
menggambar kaki langit dengan harapan
ilusi tentang masa depan tak terelakkan
datang dan pergi tanpa kata
terngiang di benak dengan tiba tiba
tak ingin dipikirkan namun telah menjadi pikiran
tak ingin dirasakan namun telah menjadi perasaan
qodrat telah membentuk sang nara
dengan segala ilusi dan halusinasinya
hanya diri yang bijaksana dapat memilahnya
hingga ilusi menjadi sebuah makna
sesungguhnya tiada suatu yang tak ada mamfaatnya


GUMAN WAKTU BERMAKNA HAQIQI






Seandainya kau tahu tentang guman waktu
mungkin kau akan melangkah dengan alurnya
kala berbisik dengan isyaratnya
tentang jejak jejak yang menginjak bumi
kerikil kecil memekak dengan sorainya
untuk menahan langkahmu yang keliru
namun kau berlalu tak perduli
tak mengacuhkan petuah alam
di sini tersimpan isyarah isyarah
berita berita yang melepah terang
hukum semesta dengan qodratnya
panas mengkas,dingin dan gigilnya
kerontang kerak dan keringnya
kuyup membasahi dengan guyurnya
semua bermakna haqiqi
ketika sedih menjejal
duka terasa mencekal
lara membelit sudut rasa
ataukah bahagia sedang menyandang
ceria melukis senyum
semua bermakna haqiqi
guman waktu bersenda silih berganti
langkah di bongkah tanah tak henti
kubang lumpur mengotori kaki
deru debu mengasap pekat
kadang kala becek berlumpur
semua bermakna haqiqi
guman waktu terus melangkah tak perduli
sepi dengan bahasanya yang pasti
berkata dengan kalimat postulat
bukan pribahasa atau ungkapan
namun kebenaran aumannya tak dapat dipungkiri
gaung gaung waktu terus berbicara
namun sayang hanya segelintir yang mengerti
hingga peringatan alam terabaikan
guman waktu penuh rahasia
hanya para akhli waktu yang paham
tentang daurmu,rotasimu,dan kisahmu
hingga mereka melangkah waspada
tanpa keraguan,tiada kebimbangan
dan jauh dari segala sakwasangka



Selasa, 10 Mei 2016

MPSSGI MEMBANGUN KECERDASAN






MPSSGI dalam melakukan kegiatannya terus membenahi jiwa ,raga manusia dengan dengan latihan latihan bersifat jasmani dan rohani.Latihan latihan yang bersifat jasmani akan menunjang kecerdasan intelektual,kecerdasan emosi dan spritual.Eksperimen eksperimen yang telah dilakukan oleh MPSSGI menunjukkan hasih yang cukup signifikan terhahap tubuh yang telah dibangkitkan gerak getaran gelombang elektrmagnetiknya.Beberapa hasil setelah melakukan latihan latihan dilaksanakan adalah sebagai berikut:

1-Gelombang Elekromagnetik tubuh dapat merangsang otak kiri manusia ,sehingga dapat memperkuat nalar,hapalan,ingatan dan kecerdasan intelektual ( IQ ).

2-Gelombang Elektromagnetik tubuh dapat merangsang otak kanan manusia
sehingga dapat merangsang intuisi atau indra ke enam menjadi lebih kuat dan tajam.

2-Gelombang Elektromagnetik tubuh dapat merangsang otak bagian belakang manusia sehingga memiliki kecerdasan emosi ( EQ) seperti memiliki emosi yang matang dalam berkata dan bertindak,meredam amarah dan lain lain.

3-Gelombang Elektromagnetik tubuh dengan getaran gelombangnya dapat mensingkronkan Itelektual dan emosi,untuk membangun spritual manusia berdasarkan keyakinan,kepercayaan yang dianut.

Ketenangan jiwa dari kecerdasan intelektual,kecerdasan emosi  adalah pondasi yang dapat mempertebal keyakinan terhadap agama,dengan kecerdasan intelektual manusia dapat menggunakan anugrah tersebut untuk mengerti hukum hukum agama,dan dengan kecerdasan emosi manusia dapat mengerti tentang ajaran akhlak,susila,dan prilaku yang sesuai dengan agama.

Oleh sebab itu MPSSGI dalam setiap latihannya ,melalui gerak getaran gelombang elektromagnetik tubuh yang sudah kuat dan ideal mengadakan rangsangan terhadap organ organ tubuh ,seperti otak dengan bagian bagian untuk mempertajam intelektual,intuisi dan menyeimbangkan emosi,sehinggga tercipta kecerdasan spritual yang kuat.

Natural Magnetik Tubuh yang mengandung gerak getaran gelombang Elektromagnetik ,merupakan potensi atau fitrah yang dianugrahkan oleh Yang Maha Agung,oleh MPSSGI didayagunakan untuk membangun kecerdasan intelektual,kecerdasan emosi untu mencapai kecerdasan spritual yang paripurna sesuai dengan ajaran agama.

Mengacu pada teori motivasi yang dikemukakan Maslow, kecerdasan spiritual terkait dengan aktualisasi diri atau pemenuhan tujuan hidup, yang merupakan tingkatan motivasi yang tertinggi. Kecerdasan spiritual yang tinggi ditandai dengan adanya pertumbuhan dan transformasi pada diri seseorang, tercapainya kehidupan yang berimbang antara karier/pekerjaan dan pribadi/keluarga, serta adanya perasaan suka cita serta puas yang diwujudkan dalam bentuk menghasilkan kontribusi yang positif dan berbagi kebahagiaan kepada lingkungan.

SQ walaupun mengandung kata spiritual tidak selalu terkait dengan kepercayaan atau agama. SQ lebih kepada kebutuhan dan kemampuan manusia untuk menemukan arti dan menghasilkan nilai melalui pengalaman yang mereka hadapi. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan atau menjalankan agama,umumnya memiliki tingkat kecerdasan spiritual yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kepercayaan atau tidak menjalankan agama.

Seperti misalnya penelitian yang dilakukan Harold G Koenig dan kawan-kawan yang telah dipublikasikan Oxford University Press dalam bentuk buku berjudul Handbook of Religion and Health. Penelitian yang mereka lakukan menemukan bahwa di setiap tingkatan pendidikan dan usia, orang yang pergi ke rumah ibadah, berdoa dan membaca kitab suci secara rutin, ternyata hidup lebih lama sekitar tujuh hingga 14 tahun dan memiliki kesehatan fisik yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak menjalan kan ritual keagamaan.

Hasil Penelitian para psikolog USA menyimpulkan bahwa Kesuksesan dan Keberhasilan seseorang didalam menjalani Kehidupan sangat didukung oleh Kecerdasan Emosional (EQ – 80 %), sedangkan peranan Kecerdasan Intelektual (IQ) hanya 20 % saja. Dimana ternyata Pusatnya IQ dan EQ adalah Kecerdasan Spiritual (SQ), sehingga diyakini bahwa SQ yang menentukan Kesuksesan dan Keberhasilan Seseorang. Dalam hal ini IQ dan EQ akan bisa berfungsi secara Baik/Efektif jika dikendalikan oleh SQ.

Hati mengaktifkan nilai-nilai kita yang paling dalam, mengubahnya dari sesuatu yang kita pikir menjadi sesuatu yang kita jalani. Hati tahu hal-hal yang tidak dapat diketahui oleh Pikiran. Hati adalah sumber keberanian dan semangat, integritas dan komitmen. Hati adalah sumber energi dan perasaan mendalam yang menuntut kita belajar, menciptakan kerjasama, memimpin dan melayani.

Ternyata setelah disadari oleh manusia, bahagia sebagai sebuah perasaan subyektif lebih banyak ditentukan dengan rasa bermakna. Rasa bermakna bagi manusia lain, bagi alam, dan terutama bagi kekuatan besar yang disadari manusia yaitu Tuhan. Manusia mencari makna, inilah penjelasan mengapa dalam dalam keadaan pedih dan sengsara sebagian manusia masih tetap dapat tersenyum. Karena bahagia tercipta dari rasa bermakna, dan ini tidak identik dengan mencapai cita-cita.

Manusia dapat memberi makna melalui berbagai macam keyakinan. Ada yang merasa hidupnya bermakna dengan menyelamatkan anjing laut. Ada yang merasa bermakna dengan membuat lukisan indah. Bahkan ada yang merasa mendapatkan makna hidup dengan menempuh bahaya. pencarian makana bagi perawat seharusnya mampu mengaitkan pemberian pelayanan keperawatan atas dasar kekuatan Yang Maha Kuasa dan pertolongan bagi manusia yang membutuhkan. Karena manusia dapat merasa memiliki makna dari berbagai hal, agama (religi) mengarahkan manusia untuk mencari makna dengan pandangan yang lebih jauh. Bermakna di hadapan Tuhan. Inilah makna sejati yang diarahkan oleh agama, karena sumber makna selain Tuhan tidaklah kekal.

Ada kesan yang salah bahwa, para orang sukses bukanlah orang yang relijius. Hal ini disebabkan pemberitaan tentang para koruptor, penipu, konglomerat rakus, yang memiliki kekayaan dengan jalan tidak halal. Karena orang-orang jahat ini ‘tampak’ kaya, maka sebagian publik mendapat gambaran bahwa orang kaya adalah orang jahat dan rakus, para penindas orang miskin. Sebenarnya sama saja, banyak orang miskin yang juga jahat dan rakus. Jahat dan rakus tidak ada hubungan dengan kaya atau miskin.

Para orang sukses sejati, yang mendapatkan kekayaan dengan jalan halal, ternyata banyak yang sangat religius. Mereka menyumbangkan hartanya di jalan amal. Mereka mendirikan rumah sakit, panti asuhan, riset kanker, dan berbagai yayasan amal. Dan kebanyakan dari mereka menghindari publikasi. Berbagai studi menunjukkan bahwa para orang sukses sejati menyumbangkan minimal 10 persen dari pendapatan kotor untuk kegiatan amal, bahkan saat dulu mereka masih miskin. Mereka menyadari bahwa kekayaan mereka hanyalah titipan dari Tuhan.

BAHASA SANG DITHA







Ketika kudengar angin berdesir,
deru ombak memecah kesunyian,
gemercik air yang menitik jujur
riak riak dari beriak alunnya
kidung pawana dengan nyanyian mistry
bahasamu telah membahana
menguak rahasia rahasia ditha
berkata polos dengan celotehnya
mengabarkan tentang jati dirimu
dentunam,auman gelegarmu
isyarat alam dengan gitanya
dentum waktu sebagai tanda
tonggak dari sebuah deklarasi alam
berdaur dengan rotasinya
qodrat alam dengan hukumnya
sandikala terus menggenggam
satu dari sejuta yang mengenal
perkataanmu gamblang dan jelas
dengan kemerdekakaan bahasamu
kalimat kalimatmu sangat terang
mengabarkan tentang prahara dunia
sorak sorai ,pekik dan tangisan
berbaur deru dengan babad alam
canda tawa,gelak dan senyum
melumat satu dengan lisanmu
lisan sarwa yang penuh hikayat
menabur doa,puja puji semesta
bagi yang mendengar itu sengau
bagi yang tak mengerti itu hanya dengung
yang mengenalnya akan tersenyut
terhanyut oleh buai alunannya
tentang balada semesta yang tak pernah usai
yang berkisah abadi tak pernah jera
seandainya aku mengerti bahasa jagat
pasti aku akan mengerti tentang mistrymu







MEDAN MAGNIT TUBUH DAN REFLEKSINYA







Medan energi yang mengandung energi elektromagnetik atau biogetic ray bersifat multidimensional yang menyelubungi tubuh manusia (Bioplasmik) dan makhluk lainnya.Medannya membentuk karakter ‘emosional’ seseorang. Aliran energi disuplai kekuatan medan listrik yang dihasilkan oleh tubuh, medan magnit tersebut mengumpulkan energi dari alam . Medan magnit dapat dipengaruhi dari dalam dan lingkungan luar tubuhnya.Medan magnit inilah yang mengeluarkan getaran,gelombang berupa gelombang suara dan gelombang cahaya.Manifestasinya muncul dalam bentuk pancaran,radiasi yang mengalir mempengarui tubuh dan alam sekitarnya.

Medan Listrik manusia adalah medan energi yang bergerak ,mengalir memancar dengan radiasi gelombangnya. Medan Listrik Tubuh yang ideal mencerminkan kesehatan, aktivitas mental dan keadaan emosi.Dapat mendideksi penyakit yang akan timbul pada tubuh dan akan memiliki refleksi yang tinggi dalam mengenal suatu kejadian secara fisika dan metafisika.

MedanListrik utama adalah berada disekitar tubuh,energi dasar disusun dari darah,cairan tubuh,sel sel tubuh,jaringan jaringan tubuh,dan oragan organ tubuh.yang bereaksi dan memperluas dirinya dengan gerak getaran gelombangnya. Sistem syaraf manusia mengatur gerak sadar dan gerak refleksi,jika medan listrikunya ideal,maka dapat memperkuat kesadaran dan gerak refleksi tubuh yang dapat mempertajam naluri,intink dan intuisi,

Medan Listrik sensitif terhadap situmulus situmulus dari alam sekitarnya.dan memiliki resvon sensitif dengan gerak refleksinya. Bereaksi dengan cepat terhadap sesuatu hal yang menjadi kebutuhan tubuh yang sangat diperlukan,seperti ketika sakit pinggang medan listrik tersebut dengan getaran gelombangnya akan memperbaiki tempat yang sakit.

Semua benda di alam ini materi itu terdiri dari gabungan partikel partikel kecil berbentuk proton dan netron,sehingga hakikat sesungguhnya semua materi itu memiliki daya tarik menarik atau tolak menolak kepada semua benda materi lainnya,untuk dapat terciptanya sifat sifat magnet magnet,maka dasarnya harus kita pahami terlebih dahulu,setelah itu baru kita akan mengenal medan magnetisme dalam batang tubuh kita dan setelah mengenalnya kita dapat memamfaatkannya.

Agar kita dapat menghasilkan bio listrik dalam tubuh kita, energi listrik yang yang menimbulkan medan magnit pada tubuh kita.Bio listrik yang merupakan potensi pada tubuh manusia yang berasal dari sistem syaraf manusia,sel sel tubuh,jaringan jaringan tubuh dan organ organ tubuh dengan kandungan zat yang ada padanya.





Hidup tergantung pada perubahan sinyal-sinyal dari molekul-molekul melalui vibrasinya atau gerak getaranya. Melalui perubahan sinyal-sinyal tersebut fungsi-fungsi biologi dapat dikontrol. Vibrasi molekul-molekul merupakan frekuensi gelombang elektromagnetik yang mengirim sinyal-sinyal. Air merupakan media transmisi pesan berkecepatan tinggi diantara molekul. Bisa kita bayangkan jutaan molekul secara biologi saling komunikasi pada kecepatan cahaya. Gerak vibrasi-vibrasi molekul biologi tersebut menghasilkan frekuensi gelombang elektromagnetik yang menghasilkan arus listrik sehingga dapat menimbulkan medan elektro-magnetik.

Kerja sistem syaraf dan otak bahkan pertumbuhan tulang terjadi melalui mekanisme kelistrikan. Sinyal-sinyal listrik tubuh merupakan deksriptor terbaik semua fungsi hidup berbagai organ. Itulah sebabnya dunia kedokteran modern tengah fokus pada penelitian tentang pemanfaatan listrik tubuh dalam menangani pasiennya. Pada gambar di atas tampak bahwa impuls-impuls atau sinyal-sinyal syaraf dalam sistem syaraf manusia dihantarkan dari reseptor sampai kepada efektor, melalui aliran partikel-partikel bermuatan listrik positif yang searah dengan aliran impuls. Semakin banyak ion-ion bermuatan yang dialirkan semakin banyak impuls syaraf yang disalurkan. Akibat dari partikel-partikel bermuatan listrik dalam tubuh manusia menyebakan manusia dapat tersengat listrik atau dialiri oleh arus listrik.

Gerak berhubungan dengan adanya energi yang terdapat dalam tubuh makhluk hidup yang bersumber dari ATP (Adenosine Tri Posphate) yang dihasilkan oleh mitokondria dalam proses respirasi sel. Energi yang dihasilkan berupa ion-ion yang memiliki muatan yang berbeda-beda sehingga mengakibatkan timbulnya perbedaan bio potensial tegangan sel . Tegangan yang paling besar dihasilkan oleh sel-sel saraf (nefron) dan sel-sel otot (muscle). Tegangan sel dapat bertahan konstan dalam jangka waktu yang lama, namun dapat pula diubah melalui suatu perlakuan internal maupun eksternal dalam bentuk gangguan atau rangsangan (fires). Pengubahan nilai tegangan pada sel akan menghasilkan suatu pulsa tegangan (voltage pulses). Efek yang ditimbulkan oleh pengubahan tengangan ini sangat bergantung pada jenis selnya. Sel-sel saraf, oleh karena pengubahan nilai tegangan selnya, dapat menghasilkan pulsa tegangan yang dapat dirambatkan ke berbagai sel lainnya untuk memberi informasi tentang hal-hal yang kita rasakan dari panca indra.

Tiga macam sel syaraf, yaitu:

1-Sel-sel saraf sensorik atau aferen, Sel saraf sensorik berfungsi menghantarkan rangsangan dari reseptor yaitu alat-alat indera ke saraf pusat yaitu otak dan sumsum tulang belakang,
2- Sel saraf motorik/eferen. Sel saraf motorik berfungsi menghantarkan impuls motorik dari susunan saraf pusat ke efektor yaitu otot dan kelenjar,
3- Sel saraf penghubung/ Asosiasi. Sel saraf penghubung berfungsi menghubungkan sel saraf sensoris dengan sel saraf motoris. Pergerakan Implus Syaraf Listrik pada gerak sadar.

Sedangkan sum sum tulang belakang dan otak akan menghasilkan aliran listrik yang refleksi pada tubuh manusia,gerak gerak refleksi dari stimulan yang tanpa disadari menjadikan respon refleks pada tubuh.Respon refleks ini,jika mendapat energi yang kuat dari medan listrik tubuh maka geraknya akan menjangkau hal bersifat fisika dan metafisika tanpa kita sadari,Gerak gerak refleks ini sangat diperlukan pada saat kita menghadapi hal yang menimpa diri kita tanpa kita sangka sangka sebelumnya,Gelombang refleks dapat menembus fenomena alam metafisika dengan seketika tanpa direncanakan terlebih dahulu,Seperti melihat kejadian kejadian yang terjadi dan akan terjadi tanpa intrument,tanpa meditasi,tanpa pemusatan pikiran,tanpa tirakat,namun hal tersebut terjadi seketika karena medan listrik tubuh sudah kuat dan ideal.

PENGOBATAN ALTERNATIP DENGAN GETARAN TUBUH ( MPSSGI )





PENGOBATAN ALTERNATIF DENGAN GETARAN TUBUH


Kesehatan adalah bukan segala-galanya, akan tetapi kekayaan yang lain sebagainya akan menjadi tidak berarti apa-apa jika tanpa kesehatan”
Oleh karena itu sehat sejati adalah jika keadaan fisik maupun mental dalam keadaan sehat, kuat, baik secara dzohir dan bathin. Ada satu methode yang mudah dilaksanakan dan sebagai salah satu teknik pengobatan yaitu dengan getaran atau gelombang harmonis dari Natural Magnetik Energi Tubuh .Secara umum, getaran gelombang tubuh yang berasal Natural Magnit adalah gerak tubuh dengan getaran gelombangnya yang mengandung kekuatan magis yang besar apabila kita mengenal dengan benar teknik pelaksanaannya yang dapat dipakai sebagai tenaga penyembuh yang hebat.Fungsi getaran gelombang tubuh tersebut secara garis besarnya adalah:


1-Untuk penyembuhan diri dari suatu penyakit jasmani dan rohani 
2-Memberikan rasa ketenangan dan kedamaian
3-Sebagai prisai dari segala gangguan yang bersifat dzohir maupun gangguan samar yang bersifat gaib.

Pedoman yang utama dalam teknik ini adalah getaran harmonis, yang merupakan suatu perpaduan dari getaran Natural Magnetik Tubuh adalah apabila getaran tersebut sudah dilandasi oleh jiwa yang tenang,tenteram, bahagia dan penuh kedamaian, sifat kasih sayang yang berasaskan cinta kasih untuk penyembuhan diri sendiri dan orang lain.

Dalam pelaksanaan teknik dengan system getaran ini ada beberapa tahapan yaitu:

1-Melakukan pembangkitan getaran gelombang Natural Magnetik Tubuh dengan tehnik tehnik tertentu yang dikembangkan oleh MPSSGI ( Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia )
2-Mengalirkan getaran gelombang Natural Magnetik Energi yang sudah tumbuh pada tubuh kearah penyakit yang diderita )
3-Memerintahkan dengan perkataan mulut,hati,pikiran atau perasaan dengan perasaan plong tanpa beban.getaran gelombang tersebut untuk mengobati,memperbaiki organ organ tubuh yang sakit.
Penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan akibat getaran Natural Magnetik Energi ini ini adalah:
1-Penyakit medis seperti darah tinggi,jantung,gula darah,ginjal,kangker,tunor dan lain lain lain.
2-Non medis seperti kesurupan,kena guna guna,santet,tenung ,teluh dan lain lain.
3-Penyakit Mental seperti,keterbelakangan mental,mental tidak seimbang,strees dan lain lain




Getaran Gelombang Natural Magnetik Energi pada tubuh manusia sebagai suatu energi kehidupan manusia sehingga manusia dapat berkomunikasi dengan lingkungannya dengan signal signalnya. Saat ada rangsangan dari lingkungan, akan ada getaran gerak ,pikiran ,perasaaan ,pendengaran, pengelihatan secara refleksi menerima signal signal dari gelombang alam.Terdideksinya dan diterimanya gelombang alam oleh kekuatan daya tarik getaran tubuh,dapat dimamfaatkan sebagai pengobatan jarak jauh melaui rambatan gelombangnya,

BIOMAGNETIK TUBUH MPSSGI









Dengan melihat Polaritas ion besi ( fe ) yang terdapat pada hemoglobin,dan menjadikan darah manusia bersifat magnetik,dan cairan tubuh manusia yang mengandung hidrogen yang juga bersifat magnit,maka potensi magnetik yang terdapat pada diri manusia ini oleh Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia digunakan sebagai biomagnetik yang memiliki medan magnit,dan medan magnit tersebut memiliki daya tarik yang bergetar pada tubuh manusia.Getaran dari biomagnit dengan medan magnitnya akan menggetarkan sel sel ,jaringan jaringan,dan ala tubuh.Getaran getaran tersebut akan merambat menjadi gelombang yang memiliki frekuensi dan spectrum.Dengan adanya medan magnit karena sifat sifat magnit yang terdapat pada organ tubuh kita,maka hal ini dapat digunakan sebagai suatu media yang bersumber dari tubuh sendiri untuk menjadi tenaga yang bermamfaat,Pada dasarnya setiap benda di alam ini mempunyai grafitasi atau daya tarik,dan daya tarik ini terjadi karena adanya medan magnit yang terdapat pada benda tersebut.Dengan melihat hal tersebut,maka secara hukum biologi,setiap benda di alam ini memiliki getaran atau bergetar setiap waktu disebabkan karena gerakan dari medan magnitnya,Medan magnit pada tubuh manusia dapat diperbesar dayanya dengan suatu latihan yang dikembangkan oleh Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia ( MPSSGI ).Biomagnetik pada tubuh manusia dapat diberdayakan dengan kekuatan medan magnitnya yang menimbulkan gerak getaran dan menjadi gelombang elektromagnetik tubuh,

Gelombang Elektromanetik tubuh ini sebagai sarana yang digunakan menjadi tenaga supranatural atau tenaga dalam.Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia mengembangkan suatu methode untuk membesar daya biomagnetik dalam diri manusia untuk beberapa tujuan yang akan dicapai,Tenaga yang ditimbulkan oleh medan magnit dari biomagnetik sangat berguna bagi tubuh,sebagai alat penghilang rasa sakit,penyembuh penyakit,penyeimbang mental ,mencerdas kan otak,mempertajm intuisi dan gelombang dapat menembus mistry alam itu sendiri.Untuk lebih jelasnya tentang Biomagnetik,maka berikut ini kita bahas tentang apa dan bagaimana sesungguhnya Biomagnetik yang terdapat pada tubuh manusia.


Biomagnetisme adalah fenomena medan magnetik yang dihasilkan oleh organisme hidup, yang masih merupakan bagian dari bioelektromagnetisme.Asal usul biomagnetisme diperkirakan telah muncul beberapa ratus tahun yang lalu, terkait dengan istilah "magnetisme binatang." Definisi ilmiah saat ini dimulai pada 1970-an, ketika semakin banyak peneliti memulai untuk mengukur medan magnetik yang dihasilkan oleh tubuh manusia.Gerhard Baule dan Richard McFee pada 1963 dari Departement of Electrical Engineering, Syracuse University, New York mendeteksi medan biomagnetik dari hati manusia dengan menggunakan dua kumparan yang mempunyai 2 juta putaran lilitan yang dihubungkan dengan amplifier yang sangat sensitive.Pada tahun 1970, David Cohen dari MIT dengan menggunakan magnetometer SQUID dapat mengukur medan biomagnetik dari hati manusia, kemudian di 1972 dengan menambah kepekaan magnetometer itu ia berhasil mengukur medan magnetik disekitar kepala yang dihasilkan oleh kegiatan otak. Selanjutnya pengamatan empirik menunjukan bahwa penyakit pada jaringan tubuh mengubah medan biomagnetik normal. Sebaliknya medan biomagnetik yang diberikan kepada jaringan organ dapat menghindarkan organ tersebut dari penyakit.

Terciptanya medan magnetik pada manusia dari Struktur hemoglobin dan Polaritas magnetik.ion besi (fe) di hemoglobin, membuat darah bersifat magnetik. cairan tubuh yang mengandung hidrogen (proton) juga bersifat magnetik.Ketika menahan nafas atau bernafas pelan/halus maka jumlah oksigen di paru-paru relatif tetap/terbatas dibandingkan bernafas biasa.
Darah mengalir lewat paru-paru, hemoglobin mengambil oksigen cukup cepat.
pada saat oksigen sedikit maka hemoglobin (yang magnetik) akan "mengantri" dengan energi minimum yaitu dengan arah kutub tiap molekul searah membentuk barisan saling menempel dan kibatnya darah dan tubuh menjadi magnetik.

Dengan melihat hal tersebut di atas,maka mendayagunakan potensi Biomagnitik tubuh untuk kesehatan tubuh dan kebutuhan lainnya,dan hal inilah yang mendorong Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia ( MPSSGI ) untuk memperkuat daya medan magnit pada Biomagnetik tubuh manusia dengan latihan latihan yang dikembangkan menurut strata dan jenjeng tertentu.

Senin, 09 Mei 2016

KIDUNG RINJANIKU







wahai sangkala yang berlalu,
pawana bergita dengan desirnya
ilalang menekur dengan goyangnya
guman jujur dari bahasa alam
menguntit mistery dari kalimat guruh
rahasia lubuk hati sang nara
yang mengulum keindahan rasa
hijaunya permadani yang melepah
penyejuk mata,peranum netra
jeratan pandang tertuju pada panorama
saat pagi buta telah melek dari lelapnya
kata hati pertama terbetik
bersyukur telah di berikan hidup hari ini
dan kutatap sekujur raga ini
masih utuh semua anggotanya
betapa indah anugerahnya
melayang asa di batas halimun pagi
dingin menghimpit tulang
darah terasa mengalir beku
nurani terus mengukir kalimat
tentang keagunangan yang tak terkalahkan
gemercik air meriak dengan beriaknya
ketika angin dingin menusuk alirannya
pori pori terasa menyempit
alam yang tak pernah berdusta
dia terus melangkah dengan qodratnya
namun banyak dari mereka tak perduli
tak menjaga anugerah yang telah dikarunai
tidak bisa bersyukur atas limpahan nikmatnya
tertunduk bathin memandang sahasa
keidahan yang menggurat di padang jiwa
alangkah agung sang pelukisnya
pelangi rasa tak henti hentinya berdecak
wahai sang Mahaprana,di sini aku termangu
dalam menung yang bermakna
kagum dan kagum,dengan segala ciptaannya
kabut ungu Kemilau Rinjani menyelimuti
bagai selendang bidadari iswari
sang petualang terus menjejak
diantara cadas.tebing,bebatuan dan padang ilalang
mereka mencari jadi diri dan terus berjalan
melangkah pasti dengan gontaimya
di sela riung daun cemara yang berdendang
langkah menanjak,menurun dan meniti
menaklukkan tanjakan terjal.jurang hujam
berpegang di rumput parang yang melambai
sungguh sebuah petualangan yang tak terlupakan
indah dan mengasyikkan
lelahpun telah terbalas,letihpun telah sirna...
melihat keelokan yang memukau..
bagai pajangan lukisan para dewata.

GETARAN TUBUH MPSSGI







Berdasarkan analogi dari kebiasaan maka sesuatu yang pahit itu pahit. manis itu manis, panas itu panas, dingin itu dingin.Seperti apa yang dikatakan oleh Plato " dalam realitanya hanya terdapat atom dan kehampaan,yaitu obyek dari penginderaan sering kita anggap nyata, padahal tidak demikian. Hanya atom dan kehampaan itulah yang bersifat nyata".

Bila diperhatikan segala gejala alam yang timbul di alam semesta ini adalah merupakan suatu getaran yang bergerak teratur mulai dari galaksi sampai ke bagian terkecil dari struktur benda di alam ini. Kehidupan makluk di dunia mengalami pergerakan yang selalu bergetar mulai dari kehidupan sosial sampai ke organ tubuh terkecil sekalipun. Demikianlah yang terjadi pada aktivitas makhluk hidup yang ditandai dengan pergerakan ion-ion yang berputar mengejar intinya yang mengakibatkan timbulnya getaran dalam bentuk suatu gelombang yang bergerak secara periodik dengan frekuensi dan simpangan tetap dan tertentu,. kecuali adanya gangguan atau hambatan yang mempengaruhi langsung atau menginduksi gerakan tersebut. Frekuensi yang ditimbulkan tergantung bentuk, ukuran dan struktur organ bersangkutan, bahkan akan timbul getaran dengan sejumlah frekuensi yang berbeda yang disebut spektrum.



Makhluk hidup melalui organ-organnya menghasilkan getaran dengan beragam frekuensi. Frekuensi getaran yang dibangkitkan berkisar dari 5 Hrz sampai ke gelombang cahaya tergantung jenis organnya. Frekuensi yang dapat didengar manusia berkisar dari 20 Hz sampai dengan 20 Khz disebut dengan getaran suara atau akustik. Ada dua sumber getaran yang dibangkitkan makluk hidup yaitu dari pita suara dan organ-organ tubuh lainnya. Getaran atau suara yang dibangkitkan dari pita suara mempunyai makna tertentu dan merupakan alat komunikasi antar sesamanya. Sedangkan getaran yang timbul dari organ-organ tubuh lainnya menunjukan kondisi fisik maupun spiritual makluk bersangkutan. Demikian pula getaran yang diinduksi ke makluk hidup dapat mempengaruhi tingkah laku dan pertumbuhan baik mempercepat atau memperlambat.Dari simpul di atas pada manusia khususnya terjadi getaran pada sel sel,jaringan dan alat tubuh manusia yang merupakan potensi vital kehidupan,dari gerak getaran fartikel fartikel zat pada tubuh timbul daya tarik dengan grafitasinya.
Dalam berkomunikasi manusia maupun hewan mengeluarkan suara yang dapat dimengerti oleh sesamanya sebagai informasi atau sinyal. Misalnya sinyal adanya serangan musuh agar hewan sekelompoknya dapat menghindar. Demikian pula saat proses kehidupan lainnya seperti proses perkawinan, bertelur atau melahirkan, minta tolong, stres, senang, dan sebagainya setiap jenis hewan akan membangkitkan suara getaran dengan frekuensi dan spektrum tertentu yang dimengeti oleh kelompoknya.Pada manusia terdapat signal signal yang berasal dari getaran gelombang yang terjadi pada tubuhnya,getaran gelombang ini dapat menerima gelombang alam dengan kepekaanya.Adapun kepekaan dari gelombang tersebut sudah terdapat pada manusia sejak lahir yang berupa naluri,intink dan intuisi,Namun seiring dengan perkembangannya signal signal tersebut menjadi memudar setelah beranjak dewasa,maka untuk menembuhkan kembali kepekaaan terhadap signal signal alan tersebut,Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia dapat stimulasi lagi menggunakan methode Pembangkitan Natural Magnetik Energi Tubuh.




Setiap organ tubuh dalam prosesnya membangkitkan getaran dengan frekuensi tertentu tergantung dari ogan tubuhnya. Bila suatu getaran dibangkitkan dari suatu sumber tertentu yang frekuensi sama dengan frekuensi salah satu organ tubuh, maka akan terjadi resonansi pada organ tubuh.Getaran yang tumbuh pada tubuh tersebut oleh Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia dimamfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan.Organ tubuh mengalami suatu keunikan dari kekuatan getaran yang ditimbulkan organ tersebut, frekuensi getaran yang dibangkitkan jika memenuhi standar dalam kasitasnya,hal ini dapat digunakan untuk kesehatan tubuh,keseimbangan emosi,mempertajam intelektual dan intuisi.Hal ini jelas karena setiap ada suatu proses, tubuh akan membangkitkan getaran dengan frekuensi tertentu. Sedangkan bila ada penyimpangan misalnya jantung tersumbat, maka aliran darah sebelum penyumbatan akan diperlambat dan aliran darah sesudah daerah penyumbatan akan dipercepat yang berarti adanya perubahan frekuensi dari aliran darah tersebut. Bila suatu getaran diberikan pada organ yang mengalami gangguan, maka getaran yang diberikan dengan frekuensi yang sama akan teresonansi dengan getaran organ yang lemah tersebut dan mengakibatkan getaran yang lemah tersebut diperkuat dan akan menyembuhkan organ bersangkutan.

ENERGI SUPRANATURAL MPSSGI






Getaran adalah suatu proses yang terjadi akibat dari zat-zat yang ada pada alam yang selalu berputar mengejar intinya, sehingga terjadi arus bolak-balik yang menimbulkan aliran yang kuat. Karena zat-zat itu mengalir mengejar intinya, maka terjadilah loncatan-loncatan arus yang menimbulkan kilatan-kilatan, pijaran-pijaran. Ketika arus itu bertemu dan saling berbenturan antara yang satu dengan yang lainnya, maka terjadilah ledakan-ledakan kuat yang menimbulkan getaran.

Apabila kita memandang tubuh kita sendiri secara utuh dari ujung rambut sampai ujung kuku, di sini terdapat milyaran inti dan sel yang membentuk jaringan tubuh menjadi alat tubuh yang terdiri dari : kulit, bulu, darah, daging, jantung, hati, empedu, paru-paru, limpa, urat, otak, tulang, sumsum. Pada seluruh alat tubuh kita terjadi getaran yang di sebabkan oleh zat-zat pada tubuh kita yang selalu berputar mengejar intinya dalam sel masing-masing, zat-zat itu berputar dan mengejar intinya sehingga terjadi aliran magnetik pada aliran tubuh.

Adapun natural energi pada tubuh kita ini ditumbuh kembangkan dengan beberapa latihan tertentu, maka natural energi yang sudah ada akan tumbuh semakin kuat dan sensitif menjadi SUPERNATURAL ENERGI.

Jika suatu tubuh diberikan suatu latihan tertentu, maka metabolis tubuh mengalir dinamika pada kesempurnaan getaran tubuh.

Getaran seseorang dipengaruhi oleh faktor psikologi maupun nonpsikologi. Ada beberapa variabel dependent maupun independent yang menyangkut unsur internal maupun eksternal dari faktor kejiwaan seperti pikiran, perasaan, kinginan, sangat berpengaruh pada getaran tubuh, begitu pula dengan keadaan alam, situasi, kejadian disuatu tempat dan sebagainya. Oleh sebab itu ilmu tentang getaran ini perlu dipelajarisebagai psikomotor teoritis. Dari pengetahuan itu timbul skill, yang berupa ketrampilan dalam menggunakan getaran tubuh sebagai media yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan.

Tenaga Supranatural yang merupakan fitrah manusia,yang merupakan energi natural / tenaga alam yang terdapat pada tubuh manusia yang bersifat super .karena dapat digunakan untuk berbagai hal sesuai dengan kebutuhan dengan refleksinya.

Tenaga supranatural dalam dianggap suatu tenaga manusia yang mempunyai kekuatan luar biasa. Tenaga dalam dibedakan dari tenaga luar manusia (yang biasanya disebut secara ringkas sebagai "tenaga" saja) yang berbentuk tenaga fisik seperti kekuatan otot tangan mengangkat barang.Tenaga Supranatural ini sesungguhnya adalah tenaga alam/natural yang sifatnya supra/super yang terdapat pada badan manusia.

Pada dasarnya setiap orang memiliki apa yang disebut dengan tenaga dsupranatural,karena hal tersebut merupakan fotensi yang dimiliki manusia sejak lahir, hanya saja mereka tidak mengetahui bagaimana cara membangkitkan atau mengembangkannya. Tenaga supranatural itu itu sudah ada dalam diri manusia,tetapi tenaga itu masih pasif dan belum bisa digunakan kecuali akan tumbuh dengan refleksinya sesuai kebutuhan.

Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia ( MPSSGI ) memiliki suatu methode yang berbeda dengan methode mthode sebelumnya dalam menumbuhkan tenaga supranatural pada tubuh,MPSSGI menggunakan media penumbuhan Natural Magnetik Energi,atau Tenaga Magnit Alam yang terdapat pada tubuh manusia.Methode pembangkitan tersebut tidak menggunakan olah fernafasan,tidak pula dengan meditasi memusatkan pikiran,dan tidak menggunakan wirid,doa,mantra dan lain lain.

Sebuah Methode unik yang ditemukan oleh MPSSGI di Lombok Nusa Tenggara Barat,yaitu cara latihan yang berbeda dengan cara yang telah ditemukan terdahulu,Tehnik tersebut dapat dengan cepat membangkitkan tenaga supranatural tanpa olah pernafasan,meditasi,atau tanpa doa dan mantra.
Methode yang menggunakan refleksi gerak yang bergetar dalam tubuh manusia dengan remot kontrol perkataan sekita.tanpa pemusatan pikiran namun perkataan lepas tanpa beban,cukup satu kata yang bermakna tanpa sebuah keinginan dan kemauan yang kuat,Menggunakan satu niat dan katakan pada bentuk gerak yang dinginkan pada tubuh.Untuk lebih jelasnya kita harus praktikkan cara latihan ini ditempat latihan,karena untuk menjelaskan tehnik ini tidak mungkin dapat dimengerti bila dalam bentuk tulisan.

Di bawah ini kita coba melihat tentang sejarah perkembangan supranatural yang dikenal oleh masyarakat dengan istrilah Tenaga Dalam.ada hal yang sangat prinsipel yang menjadi perbedaan cara penumbuhan Tenaga Supranatural yang telah dilakukan oleh akhli akhli Tenaga Dalam dari sejak zaman dahulu sampai saat ini dibandingkan dengan cara penumbuhan yang dilakukan oleh Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia dalam bentuk bentuk latihannya.Untuk lebih jelas mari kita lihat pembahasan berikutnyaPada 4000 SM, tenaga dalam sudah dikenal oleh orang-orang Mesir kuno. 

Dalam sebuah buku Papyrus "Yedimesish Ontologia" yang sudah disalin dalam bahasa Gri Kuno, menceritakan, bila otot bahu digerakkan akan mengeluarkan tenaga aneh sehingga dapat merobohkan orang yang sedang marah.Pada saat itu orang-orang Mesir kuno mengenal tenaga supranatural dengan sebutan Krachtologi dari kata "logos" yang berarti belajar dan "krachtos" yang berarti tenaga Dari Mesir, Krachtologi berkembang ke Babylon, Yunani, Romawi dan Persia. Di Persia tenaga semacam ini dinamakan Dacht. Dalam Dahtayana disebutkan bahwa pada suku Bukht dan Persia, terkenal ilmu perang dinamakan Dahtuz ialah merobohkan musuh dari jarak jauh. Kaum bangsawan Persia dilatih sejenis senam waktu dinihari sehingga mereka mempunyai tenaga Daht itu.

Orang-orang Tionghoa, Tartar, Patan, Moghul, mengenal beberapa silat yang dapat merobohkan orang dari jauh. Di Tiongkok terkenal beberapa macam silat yang mempergunakan Kracht, di antaranya Gin Kang, Kwie Kang dengan jurus tinju dan Wie Kang dengan jurus terbuka. Wie Kang disebut jurus sepuluh, jurus ini tersebar sampai Vietnam, Campa, Malaya, dan Indonesia. Tumbuhlah menjadi beberapa aliran, di antaranya silat Mandar dari Sulawesi, silat Timpung dari Jawa Timur dan silat Nampon dari Jawa Barat.

Tenaga dalam pada umumnya diaktifkan melalui olahraga pernafasan. Dengan beberapa teknik pernapasan di antaranya: pernapasan perut, pernapasan dada, pernapasan pundak maupun gabungan. Olah raga ini diajarkan oleh kelompok senam pernafasan dan kelompok olah raga beladiri. Seseorang menekuni tenaga dalam untuk beberapa tujuan, termasuk untuk olahraga, penyembuhan diri, meditasi, relaksasi, dan penunjang olah raga beladiri.Dan dalam hal ini Maspanji Sangaji Samaguna Indonesia ( MPSSGI ) tidak menggunakan tehnik pernafasan,tidak menggunakan meditasi dan pemusatan pikiran,namun ada gerak gerak tertentu yang dilakukan dalam latihan.

Tenaga dalam seringkali dimanfaatkan sebagai media penyembuhan meskipun sangat sedikit penelitian yang membuktikan bahwa hal tersebut bekerja. Pada kenyataannya tenaga supranatural telah digunakan selama ribuan tahun di berbagai komunitas budaya untuk menyembuhkan gangguan fisik dan mental. Hanya baru-baru ini mereka berada di bawah pengawasan arus metode ilmiah Barat.

Pengamatan dari 1980 sampai 1992 yang dilakukan di Amerika Serikat dan Jepang menunjukan bahwa dari tangan seorang penyembuh tenaga supranatural (prana) terpancar medan biomagnetik dengan frekuensi dari 0,3 – 30 hz dengan rata-rata kegiatan disekitar 7-8 hz. Seorang ahli Q-Gong dapat memancarkan medan cukup besar yang dapat deteksi melalui dua kumparan dengan 80.000 putaran lilitan. Pengamatan berkembang ke pengamatan medan akustik (suara) dan medan panas, selanjutnya melalui temuan-temuan ini mendorong ilmu kedokteran mulai mempelajarinya. Banyak kemanfaatan dalam penyembuhan dengan medan biomagnetik ini baik yang dihasilkan oleh praktisi prana ataupun yang dihasilkan oleh peralatan elektromagnetik.Gelombang Elektromagnetik inilah yang digunakan oleh MPSSGI yang diolah menjadi Tenaga Supranatural yang handal,dengan membangkitkan Natural Magnetik Energi Tubuh dengan tehnik khusus yang ditemukan oleh MPSSGI,yang saat tengah dilaksanakan dan dikembangkan. 

Selasa, 03 Mei 2016

SESENGGAK ( PRIBAHASA ) SASAK BAGIAN II







Aiq meneng tunjung tilah empaq bau
Artinya: Orang yang arif dan bijaksana akan mampu menyelesaikan setiap permasalahan atau mendamaikan perselisihan tanpa meresahkan atau merugikan pihak manapun

Alus-alus tain jaran
Artinya: Yang nampak dari luar halus, tetapi didalamnya kasar, atau bicaranya halus tetapi hatinya jahat

Anak ewok batu batang,
Artinya: tidak punya sanak saudara

Arak pendet arak api,
Artinya: Sesuatu yang terjadi pasti ada sebabnya

Arak kala ujan arak kala panas,
Artinya: Susah dan senang datang silih berganti

Bani untal kandik lantong dande sama dengan Bani belot masjid lantong merebot
Artinya: Orang yang tak mau mengakui kesalahannya

Bantel tolang endaraq isi
Artinya: Memperjuangkan sesuatu yang tidak ada manfaatnya

Banteng belaga jerami rebaq
Artinya: Perselisihan orang berpengaruh mengorbankan rakyat kecil

Bau besi bau asaq
Artinya: sama-sama berjuang, sama-sama menanggung resiko atau menikmati keuntungan

Belagaq lekong belaq
Artinya: Mereka-reka sesuatu yang belum terjadi

Berat deang bareng ngidap
Artinya: Berat atau ringan pekerjaan dikerjakan bersama

Cengiq maraq komak siong sepuq
Artinya: Orang yang tidak pernah mau susah

Dakina bau taoqta nalet lomak
Artinya: Sindiran kepada anak yang jarang mandi

Dateng maraq belabur, nyedi maraq aiq nitik
Artinya: Datang secara tiba-tiba namun pergi atau hilangnya lama sekali

Endeqna araq guntur selung ujan
Artinya: Suatu peristiwa yang datang secara tiba-tiba atau tanpa diduga

Idah, maraq batu maen ciwa
Artinya: Pekerjaan yang tak kunjung selesai

Impan sampi kurus
Artinya .membatu seseorang menjadi musuh

Jari-jari menik bekerem
Artinya: Sejadi-jadinya atau apa adanya

Kalah-kalah sokta menang
Artinya: Mengalah untuk tidak memperpanjang masalah

Kepeng satus jari sataq,
Artinya: Perbuatan atau perkataaan yang curang/suka melebih-lebihkan

Keto kete taok bengan
Artinya: Tak pernah ada penyelesaian

Lalang gunung saling tanggaq
Artinya: Orang yang selalu ingat walau berjauhan

Lebur anyong ta saling sedok
Artinya: Sehidup semati

Lolat maraq lindung dalem reraok
Artinya: Penipu atau penjahat yang sangat lihai

Ma puntiq maeh leang
Artinya: Ada Uang ada Barang

Maraq batu lawan teloq
Artinya: Kekuatan yang tidak seimbang karena diukur oleh kekuasaan

Maraq bobok sorak diriq
Artinya: Selalu membicarakan aib keluarganya sendiri

Maraq betaletan leq bawon batu
Artinya Bekerja yang banyak tapi sia-sia

Maraq kelampan gansing meripit
Artinya: tidak pernah betah bekerja

Maraq kelampan jaran megat
Artinya: Tidak jelas tujuan pasti

Maraq  kelampan Wong Menak
Artinya: Sesuat yang dikerjakan terlalu lama

Marak turkep balang due
Artinya.besar kemungkinan tak dapat sesuatu

Maraq rebut kereng robek
Artinya: Memperselisihkan sesuatu yang tidak bermanfaat

Manis-manis tanduran gunung
Artinya: Sesuatu yang hasilnya tidak maksimal, walaupun diperoleh dengan susah payah

Manuq mate beromboq taroq
Artinya: Kerugian yang berlipat ganda

Maraq bembeq takut aiq
Artinya: Rasa takut yang berlebihan

Maraq jaran ngaken bandana
Artinya: Seseorang yang hanya mementingkan dirinya sendiri

Maraq miong meta begang
Artinya: Mengintip atau mencari-cari kesalahan orang lain

Maraq miong nyebok kukuq
Artinya: Pandai menyembunyikan sesuatu

Maraq sawaq wah nelen
Artinya: Bermalas-malasan

Maraq ta nyorong montor mate
Artinya: Menolong orang yang tidak bisa membalas budi

Mel bao mel bawaq
Artinya : sama-sama bahagia, sama-sama menderita

Momot meco maraq gansing meleset
Artinya: Tidak punya Inisiatif, hanya menunggu perintah saja

Mun endeq tepantok endekna tame
Artinya: Orang yang hanya mau bekerja bila diperintah

Na belo tetandan ta entiq
Artinya : Panjang umur dan punya kesempatan

Ndeqna taoq lauq daya
Artinya: Tidak tahu hal yang sebenarnya

Ngajar godek taek
Artinya: Mengajar orang yang lebih pintar dari kita

Peta bati ilang kemulan
Artinya: Menderita kerugian

Siq dua jari telu
Artinya: Suka melebih-lebihkan sesuatu

Timbaq aiq sumur siq gayong bedah
Artinya: Melakukan pekerjaan yang sia-sia
T
o taoqna mangan to taoqna nai
Artinya: orang yang tidak bisa membalas budi, atau seseorang yang merugikan atau menyusahkan orang yang telah membantunya

Uah na besual dit pepait
Artinya: Sindiran kepada anak yang malas mandi

Ujat besebo dalem kerongkong
Artinya: Musuh yang sulit kelihatan

Wawah rapet baruq ngedukang

Artinya: Karena sedikit kesalahan atau terlambat akhirnya tak berhasil

Dalam Serat Centhini Jilid 2 Pupuh 107 Asmaradana pada 1 – 28




Ulah Asmara Dalam Membuka Dan Mempercepat Orgasme Perempuan
Dalam Serat Centhini Jilid 2 Pupuh 107 Asmadana.

Dalam masyarakat Jawa adab dan tatacara sebelum melakukan hubungan asmaragama  juga diajarkan sebagai contoh; ritualisasi seksual juga diungkapkan dalam Serat Centhini, termasuk soal tata krama dalam melakukan hubungan seksual antar-suami-istri. Dalam berhubungan, misalnya, harus empan papan. Maksudnya, mengetahui situasi, tempat, dan keadaan, tidak tergesa-gesa, dan juga merupakan keinginan bersama.

Selain mendasarkan diri pada tata krama menurut budaya Jawa, tata krama ini juga mendasarkan diri pada hadits Nabi Muhammad SAW. Misalnya, sebelum melakukan hubungan seksual, seyogianya mandi terlebih dahulu. Setelah itu berdandan dan memakai wewangian. Sebelum mulai, berdoa lebih dulu dengan mengucapkan syahadat.

Selain itu masyarakat Jawa juga mengenal kalender seksual. “Ini berkaitan dengan masalah rasa perempuan, yang berhubungan dengan organ genital seksualnya. Satu asumsi bahwa setiap hari organ genital seksual yang sensitif pada perempuan, selalu berpindah tempat, sesuai dengan tinggi rendahnya bulan. Ini berdasar pada kalender Jawa. “Dengan mendasarkan pada kalender seksual, pasangan dapat mencapai puncak kepuasan secara bersama-sama,”

Dalam Serat Centhini Jilid 2 Pupuh 107 Asmaradana pada 1 – 28  terdapat pemberlajaran  diuraikan secara  gamblang soal “ulah asmara” yang berhubungan dengan lokasi genital yang sensitif dalam kaitannya dengan permainan seks. Misalnya, cara membuka atau mempercepat orgasme bagi perempuan, serta mencegah agar lelaki tidak cepat ejakulasi.  Selain diungkap mengenai tata cara, etika, dan ritualisasi, dalam Pupuh Asamaradana tersebut juga diulas pula bentuk-bentuk serta pose hubungan seksual yang seharusnya dilakukan. Semua itu dimaksudkan agar pasangan dapat mencapai kepuasan bersama-sama. “Hubungan seksual tidak hanya sekadar pemuasan nafsu lelaki maupun perempuan, tetapi juga sebagai bentuk ungkapan perasaan cinta kasih, proses prokreasi, dan seks sekaligus sebagai wahana ibadah,” berikut suntingan teks dan terjemahannya :

ASMARADANA

Wusnya wanci lingsir ratri | Ki Saloka Kartipala | Palakarti katigane | samya aso mring modinan | de para waranggana | mantuk maring têngganipun | sadhiya lamun kampiran ||
Sudah waktunya menjelang malam, mereka bertiga Ki Saloka Kartipala Palakarti pulang beristirahat di tempatnya masing-masing dengan para waranggana (penyanyi, penari) dan bersedia apabila mereka datang kerumahnya.

Kang kantun anèng pandhapi | gunême tan ana kêmba | gupruk gar-gêr sru gujênge | Mas Cêbolang lon lingira | Kiyai Amongtrustha | paranta darunanipun | pra apsari asih trêsna ||
Dan yang masih ada di pandapa, saling bercakap-cakap dan saling sendau gurau, sedangkan Mas Cebolang bertanya dengan nada yang pelan kepada  Kyai Amongtrusha,  bagaimana asal muasalnya para apsari (waranggana) mempunyai rasa kasih dan sayang.

Niku anak wontên kalih | saking isarat myang tingkah | kang kalêbêt tyasing wadon | kasiyat saking pandhita | Lukmanulyakin nama | bab kêmate apulang-hyun | dununge rasèng wanita ||
Yaitu ada dua hal :  syarat-syarat tertentu (jamu), tingkah laku (tata krama) dan juga termasuk perasaan/hatinya wanita, merupakan sebuah ajaran dari Pandhita yang bernama Lukmanulyakin, sedangkan bab nikmatnya berulah asmara berada pada rahasia rasa wanita.

Ing dalêm saari-ratri | awit suruping Hyang Arka | tumêkèng pêndhak surupe | rahsa angalih panggonan | anut lampahing tanggal | sapisan nêmbêlas gathuk | têkèng tanggal tigangdasa ||
Di dalam sehari semalam mulai terbenamnya matahari sampai dengan terbenamnya lagi, rasa itu akan berpindah tempatnya mengikuti berububahnya tanggal satu sampai dengan tanggal enam belas selasai dan selanjutnya sampai tanggal tiga puluh.

Lamun ayun pulang rêsmi | anuju tanggal sapisan | awit arasên bathuke | tanggal pindho awit ngaras | pupusêr tanggal tiga | wiwit mijêt wêntisipun | kanan kering karo pisan ||
Apabila hendak berulah asmara pada tanggal satu di daerah kening harus dilakukan cumbuan dengan mencium atau menjilat, tanggal dua di daerah puser, tanggal tiga  di daerah betis kanan dan kiri.

Ping pat mijêt lêngên kalih | kaping lima awit ngaras | ing prêmbayun kalih cêcêg | Ki Têngara Mas Cêbolang | Nurwitri sami latah | de tanggal kaping nêmipun | kawit ngaras slaning imba ||
Yang keempat di daerah lengan kira dan kanan , kelima disekitar panyudara, telinga kanan dan kiri, dan Ki tengara, Mas Cebolang serta Nurwitri sama-sama latahnya, sedangkan pada tanggal keenam berpindah di daerah diantara alis.

Tanggal kaping pitu awit | ngaras slaning payudara | ping wolu ngaras lathine | ing nginggil lawan ing ngandhap | tanggale kaping sanga | mijêt pupu kalihipun | sarta angusap walikat ||
Sedangkan tanggal ketujuh di terletak diantara sela-selanya payudara kanan kiri, kedelapan terdapat pada bibir atas dan bawah, dan pada tanggal sembilan berpindah di betis kanan dan kiri serta di sekitar pundak (belikat).

Tanggal ping sadasa awit | garapên wêtênge ika | ping sawlas ngaras granane | ping rolas ngusap walikat | tanggal ping tigawêlas | wiwit angaras prêmbayun | jumbuh lan tanggal ping lima ||
Tanggal sepuluh beralih di daerah  perut, kesebelas terdapat hidungnya, keduabelas di daerah pundak (belikat), tanggal tiga belas terletak didaerah payudara, sama pada saat tanggal ke lima belas.

Kaping kawanwêlas wiwit | ngaras lathi ngusap suryan | ping gangsalwêlas wus pantog | wiwit ngaras kalih imba | puniku yèn linakyan | kalangkung utamanipun | awit punika wanita ||
Yang keempat belas mulai mencium bibir dan mengusap wajah, yang kelima belas selesai dan mulai di mulai lagi pada kedua alisnya, itu yang harus diperlakukan dan alangkah mulianya sebagai seorang wanita.

Pakolèh rahsa kang luwih | nikmat kalawan manpangat | de kapêndêng panggonane | dèn ungsir têmah glis mêdal | katarik gunging trêsna | pun wadon mring kakungipun | tan darbe cipta liyanya ||
Akan mendapat rasa nikmat yang lebih dan bermanfaat apabila dilakukan pada tempatnya, agar supaya cepat keluar karena tertarik dengan besarnya rasa cinta seorang wanita terhadap pasangannya serta tidak mempunyai perasaan lainnya kecuali terhadap pasangannya.

Trênyuh tyas mung ciptèng laki | tamat kang saking prêtingkah | wontên malih saking êmèl | bilih nuju among raras | punika kang winaca | Alahuma jannibinus | saetan mara jattana ||
Belas kasihnya hannya pada pasangannya, selesai sudah pelajaran  tersebut, dan ada lagi rapal atau doa bila sedang ulah asmara dan ini yang wajib dibaca  Alahuma jannibinus  syaetan mara jattana.

Yèn badhe bêtah kêpati | ron lêgundhi ron widurya | myang babakan trênggulune | pinipisa ingkang lêmbat | ginalintir inguntal | lah punika èsmunipun | winaca ping kalih wêlas ||
Apabila mengingingkan bertahan lama dalam berulah asmara; inilah ramuannya daun legundi, daun widuri dan babakan pule, ditumbuh halus lalu di buat seperti pil dan dikeringkan, dan sebelum berulah asmara (bermain cinta) diminum dan selanjutnya dengan membaca rapal atau doa sebanyak dua belas kali.

Kumala sahaheka di | kun payakun ilaika | datuka muka natane | -ka Allahuma yamuka | nunujra rumnya ala | huyamuka datbiramu | ika sangkrama rakiman ||
Kumala sahaheka di  kun payakun ilaika  datuka muka nataneka Allahuma yamuka nunujra rumnya ala huyamuka datbiramu ika sangkrama rakiman.

Yêkti kuwat dakarnèki | sartane tan nuntên mêdal | wontên mèl pangampêt manèh | kaol saking tiyang sabrang | bilih ayun sahuwat | winacaa kaping têlu | yêkti dangu wêdalira ||
Pastilah kuwat zakarnya serta tidak akan cepat keluar (orgasme) dan ada lagi rapal atau doa untuk menahannya, kaol dari orang manca nagara bila hendak berhubungan agar rapal atau doa tersebut dibaca tiga kali pasti akan bertahan lama keluarnya (orgasme).

Ari panas rênggang bumi | ari hujan rapêt kisma | utawi dènusapake | marang darbèking wanita | rapêt kadi parawan | yèn arsa miyoskên gupuh | mung winalik êmèlira ||
“Ari panas rênggang bumi, ari hujan rapêt kisma” (cuaca yang panas membuat bumi pecah-pecah dan saat cuaca hujan tanah akan merapat kembali) apabila rapal tersebut diusap-usapkan pada kemaluan wanita akan menjadi rapet (kencang) kembali seperti masih perawan, dan apabila berkeinginkan cepat mengahiri permainan ulah asmara hannya dengan membalik rapal atau doannya.

Pami botên akaronsih | nanging sagêd trusing rahsa | amung gêmriming mundrine | pinidih niki mèlira | kunta ngalai mukadas | brai mung punika sampun | yêkti kumyus marawayan ||
Apabila tidak menginginkan bercinta tetapi ingin mendapatkan rasa yang nikmat (wanita) hannya dengan memilin/mengusap puting susunya, inilah rapal atau doanya “kunta ngalai mukadas brai” cukup sudah pasti akan terasa bergetar dan melambung diawang-awang.

Utamine sahuwati | lawan wadone priyangga | aywa raosan salire | tuwin ywa angalêmbana | sakawit amaosa | tangawud sawuse putus | lajêng maos Bissêmilah ||
Yang terbaik saat melakukan ulah asmara (bercinta) dengan pasangannya janganlah membicarakan semua hal jangan memuja, lebih baik membaca istifar dan setelah selesai dilanjutkan dengan membaca bismillah.

Hirakêmanirakimin | nuntên amaos rabana | rabini rabi inni-ne | wêdaling kang punang rahsa | (m)bun-bunan tiniyupa | ywa ambêkan kaping têlu | ing batin maos punika ||
Hirrahmanirrahim, selanjutnya membaca rabana rabini rabiinni-ne, pada saat keluarnya rasa cinta, tiyuplah ubun-ubunnya tiga kali dengan menahan nafas, dan dalam batinnya sambil mengucapkan doa berikut ini :

Bismilah rahmanir rahkim | macan putih ana (n)dhadha | umêtu banyu uripe | ing urip sajroning toya | lailaha ilolahu | Mukhamad Rasulolahu | wontên malih sarat-sarat ||
“Bismillahirrahmanirrahim macan putih ana dhadha umetu banyu uripe, ing urip sajroning toya laillaha ilallahu Muhammad Rasulullahu” dan masih ada lagi syarat-syarat yang lain.

Mawi lapal sinêrat ing | dhaharan ron dalancang | punika anak wêrdine | parimbonira binuka | sadaya samya miyat | katrinya anurun guyup | winantu sukaning driya ||
Dengan lapal yang tertulis di makanan yang bungkus dengan daun dalancang, yang mengandung maksud; agar membuka primbonnya, semuanya tampak dan ketiga mematuhi dengan rasa gembira tanpa ada paksaan.

Mas Cêbolang tanya malih | èstri mrih saekapraya | kadiparan ing sarate | Amongtrustha mèsêm lingnya | anak pratingkah kasar | ing sawusira pulang hyun | têka kèndêlna kewala ||
Mas Cebolang bertanya kembali, bagaimana agar wanita menuruti segala kemauan? Apa syaratnya? Amongtrustha tersenyum, apabila ada prilaku yang kasar setelah melakukan ulah asmara (bercinta) diamkanlah saja.

Aywa nganggo dènbêrsihi | nulya kagêm rambah-rambah | marang wong wadon sanèse | sadaya ingkang kaambah | adat kang wus kalakyan | nadyan nganti èstri wolu | sadaya anunggal karsa ||
Jangan sampai dibersihkan, selanjutnya dapat digunakan berungkali dengan perempuan lainnya, semua yang pernah dilakukan dan kebiasaan yang sudah terjadi meskipun mempunyai istri sampai delapan tetapi semuanya satu kehendak (saling bisa menerima/memahami).

wontên ingkang alus malih | pangèdhêpan pangasiyan | miwah saeka kaptine | ananging punika sarat | kêdah mangsuk ing angga | sadhengaha tingkahipun | watone klêbêt dhadharan ||
Ada lagi cara yang lebih halus lagi yaitu lewat kedhipan mata atau pengasihan agar menurut  seia sekata tetapi ada syarat yang harus dilakukan yaitu  merasuk di badan dan bagaimanapun caranya agar syarat tersebut dapat dimasukkan kedalam makanan.

Kumpule kêrokan dhiri | wontên kalihwlas pangenan| pasung myang kalamênjinge | kukulung ati kalawan | kêkèlèk kalihira | tuwin têkukaning sikut | ingkang têngên miwah kiwa ||
Ada empat belas tempat di badan yang harus digosok, mulai dari muka dan leher, uluhati dan kedua ketiak serta lipatan lengan kanan dan kiri (siku).

Têkukan gêl-ugêl kalih | èpèk-èpèk kalih pisan | slaning jêmpol asta karo | kalawan kalih walakang | têkukan dhêngkul samya | tungkak kalih myang slanipun | jêmpolan suku kalihnya ||
Pergelangan tangan kanan kiri, kedua telapak tangan, diantara ibu jari kanan kiri serta di kedua pangkal paha,  kedua lipatan lutut serta dua tumit dan diantara dua jempol kaki.

Jangkêp kalihwêlas warni | nulya winoran kalawan | ing rahsane pribadine | wus kumpul dadya satunggal | tinrap pèk-èpèk kiwa | asta kanan ngudhêg gupuh | maos Ya Allah Mukhamad ||
Lengkap sudah kedua belas macam, selanjutnya disatukan dengan rasa pribadinya, setalah terkumpul jadi satu, ditaruh di telapak tangan kiri sedangkan tangan kanan mengaduk-aduk dengan membaca Ya Allah Muhammad.

La makbuda ilolahi | la nujudda ilolaha | ping tiga nulya winorke | dhaharan myang (n)juk-unjukan | ingasungakên marang | pun êndi kang dadya kalbu | Insa Allah asih trêsna ||
La makbuda ilallahi la nujudda ilallaha tiga kali selanjutnya dicampur dengan makanan dan minuman, serta harus menyakinkan diri apa yang telah diniatkan Insya Allah rasa cinta dan kasih sayang akan didapatkan.

Taksih kathah ingkang warni | nanging punika wus cêkap | winantu lawan bêgjane | sadaya nuwun turira | wus wanci gagat enjang | Amongtrustha lingira rum | prayoga sami bibaran ||
Masih banyak macamnya tetapi ini sudah cukup, dan semua kembali pada keberuntungannya, semua mengucapkan trimakasih  dan waktu telah memasuki pagi hari Amongtrusha berucap sambil tersenyum dan sebaiknya sama-sama membubarkan diri.

Demikianlah sedikit uraian tentang ulah asmara dalam membuka dan mempecepat orgasme pada wanita, yang saya sadur dari Serat Centhini jilid 2 pupuh 107 yang terangkum dalam metrum macapat sekar Asmaradana, mudah-mudahan dengan sekelumit cerita  masalah seks sebagaimana pandangan masyarakat Jawa yang selama ini kita terima dapat menambah wawasan dan kebebasan yang sama dalam mengungkapkan pengalaman seksualnya, padahal selama ini penggambaran wanita Jawa yang selalu digambarkan bersifat pasrah, dan nrima kepada lelaki bahkan cenderung pemalu dan tertutup.

Dan mohon maaf bila ada terjemahan yang kurang cocok, serta mohon perkenannya bagi para pembaca yang budiman untuk mengoreksi dan membetulkan bila ada kesalahan dalam mengalihkan kedalam bahasa Indonesia